Main Menu

Survei LSI: Masyarakat Puas Atas Sistem Demokrasi di Indonesia

Ervan
24-09-2018 18:36

Survei LSI(GATRA/re1)

Jakarta, Gatra.com- Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan dukungan masyarakat terhadap sistem demokrasi di Indonesia semakin meningkat dalam 3 tahun terakhir.

"Dukungan masyarakat terhadap sistem demokrasi meningkat sebagai sistem pemerintahan yang terbaik," kata peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Senin (24/9).

Dalam presentasinya, 83 persen responden setuju bahwa demokrasi adalah bentuk pemerintahan terbaik saat ini. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 yaitu sebesar 76 persen.

Namun menurutnya, angka itu masih di bawah dengan capaian beberapa negara seperti Korea Selatan dan negara-negara Eropa Barat yaitu sebesar 87 persen. Tingkat kepuasan itu meningkat meski nilai kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dan DPR menurun.

"Orang bisa puas terhadap demokrasi meski kepuasan terhadap partai dan DPR turun," ucap Burhan.

Survei dilakukan terhadap 1.250 responden yang berusia diatas 17 tahun atau sudah menikah melalui wawancara. Survei ini menggunakan metode random sampling dengan tingkat margin of error sebesar kurang lebih 2,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 


 

Reporter: Ervan Bayu

Editor : Bernadetta Febriana

 

 

Ervan
24-09-2018 18:36