Main Menu

Ini Tiga Institusi Terkorup Versi LSI

Ervan
24-09-2018 19:38

Burhanuddin Muhtadi.(ANTARA/re1)

Jakarta, Gatra.com- Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan institusi kepolisian, pengadilan, dan PNS memiliki indeks korupsi yang tinggi. Dalam survei yang dilakukan LSI, sebanyak 10,7 persen responden pernah berurusan dengan polisi. Dari jumlah tersebut, 33,7 persen pernah dimintai uang. 

Peneliti Senior LSI Burhanuddin Muhtadi mengatakan 11% responden mengaku kerap dimintai uang saat berhubungan dengan kepolisian. 

"Sebelas persen mengaku pernah berurusan dengan polisi dan dari 11 persen kemungkinan mereka dimintai uang oleh polisi jauh lebih tinggi," kata Burhanuddin di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Senin (24/9).

Hasil survei lainnya, 2,4% responden pernah berurusan dengan pengadilan dan 21,6% responden pernah dimintai uang. 

Sedangkan dalam proses pendaftaran PNS, ditemukan 3,5 persen responden pernah berurusan dengan instansi tersebut. Dari jumlah itu, 17% responden juga dimintai uang.

"Jadi ada tiga institusi yang harus bekerja ekstrakeras. Kalau dari segi magnitude yang pertama paling magnitude untuk dimintai uang adalah polisi; kedua, pengadilan; ketiga, urusan PNS. Itu tiga institusi yang potensial pemilih dimintai uang di luar biaya resmi," ucapnya.

LSI mewawancarai 1.520 resoonden pada agustus 2018 dengan metode multi stage random sampling. Responden berumur 17 tahun lebih atau sudah menikah dengan margin of error sebesar 2,6%,pada tingkat kepercayaan 95%.


 

Reporter: Ervan Bayu

Editor: Bernadetta Febriana

 

 

Ervan
24-09-2018 19:38