Main Menu

KPK Tangkap Kepala Daerah dan Amankan Sejumlah Uang dalam OTT di Pasuruan

Iwan Sutiawan
04-10-2018 13:06

Ilustrasi (GATRA/AR)

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap 6 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang berlangsung di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), salah satunya merupakan kepala daerah dan disebut-sebut adalah Wali Kota Pasuruan.

 

"Ada kepala daerah, pejabat setempat, dan pihak swasta yang sedang dimintakan keterangan lebih lanjut," kata Febri Diansyah, juru bicara KPK di Jakarta, Kamis (4/10).

Febri menyampaikan keterangan setelah dikonfirmasi soal OTT yang terjadi di Jawa Timur (Jatim). "Kami konfirmasi ada kegiatan tim penindakan di daerah Jawa Timur, khususnya Pasuruan," katanya.

Menurutnya, OTT tersebut merupakan tindak lanjut KPK setelah mendapatkan informasi bahwa akan ada transaksi yang melibatkan penyelenggara negara dan pihak swasta di sana.
Setelah KPK melakukan kroscek di lapangan, lanjut Febri,diduga telah terjadi transaksi pemberian kepada penyelenggara negara di sana, sehingga diamankan sekitar 6 orang, sejumlah uang, dan barang bukti perbankan.

"Informasi dari tim, jumlah uang sedang dihitung. Pemberian tersebut diindikasikan terkait dengan proyek yang dianggarkan tahun 2018 ini," ungkapnya.

Saat ini, kata Febri, proses pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang ditangkap masih berjalan di kantor kepolisian terdekat. Adapun mereka yang sedang diperiksa di antaranya kepala daerah, pejabat setempat, dan pihak swasta.

"Berikutnya akan dipertimbangkan untuk membawa pihak-pihak yang relevan dan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut ke kantor KPK di Jakarta. Untuk nama dan keterangan lebih lanjut belum bisa disampaikan saat ini. Selengkapnya akan diumumkan saat konferensi pers," katanya.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
04-10-2018 13:06