Main Menu

Ketua DPR: Kapolri Jangan Terganggu Isu Aliran Dana Basuki Hariman

Ervan
11-10-2018 18:00

Ketua DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Bambang Soesatyo (GATRA/Adi Wijaya/.aw)

Jakarta, Gatra.com- Ketua DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Bambang Soesatyo meminta Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian tetap fokus bekerja sesuai tupoksinya. Menurut Bamsoet, Tito tak perlu larut ataupun terganggu atas isu adanya dugaan aliran dana dari Basuki Hariman dalam kasus impor daging kepada dirinya. 

 

"Dari penjelasan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasito, Polri sudah meminta keterangan dari saudara Basuki Hariman mengenai hal tersebut. Basuki mengakui bahwa dirinya tidak pernah memberikan dana kepada Kapolda Metro Jaya yang ketika itu dijabat oleh Tito Karnavian," ujar Bamsoet, Kamis (11/10).

Politikus Golkar itu menambahkan, pimpinan KPK juga sudah menegaskan tidak bisa melanjutkan isu tersebut lebih lanjut. 

"Kita tentu percaya integritas KPK dalam menangani kasus hukum. Jika tidak ada bukti yang kuat, tidak mungkin KPK bisa melanjutkan proses hukum sebagaimana mestinya," lanjut Bamsoet.

Ia juga menegaskan dalam persidangan Basuki Hariman, tidak ada fakta hukum yang menguatkan kebenaran isu tersebut. 

"Dengan demikian, Kapolri dan jajarannya tak perlu menghabiskan banyak energi menanggapi isu ini. Masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan oleh Polri, antara lain pengamanan berbagai event internasional seperti Asian Para Games 2018, Annual Meeting IMF - World Bank di Bali, Natal dan Tahun Baru 2019, serta yang sangat penting menyangkut pengamanan Pemilu 2019," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Aries Kelana

 

 

 

Ervan
11-10-2018 18:00