Main Menu

Sejukkan Jakata, 10 Fraksi di MPR Buka Dialog Dengan Tokoh Agama

Wem Fernandez
23-11-2016 17:28

Setya Novanto dan Zulkifli Hasan usai pertemuan di DPP Golkar(GATRAnews/Wem Fernandez/re1)

Jakarta, GATRAnews - Sejumlah poin tercipta dari hasil pertemuan antara Ketua DPP Partai Golkar, Setya Novanto (Setnov) dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Rabu, (23/11) hari ini. Salah satu yang mencuat adalah keinginan seluruh partai pengusung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla melakukan konsolidasi menjaga pilar kebhinekaan.


Menurut Zulkifli, usaha khas Indonesia dalam menjaga stabilitas dan kebhinekaan adalah memperpanjang tali silahturahmi antar sesama elite politik, tokoh agama serta tokoh masyarakat. Dengan saling berkunjung, berbagai buah pikiran dan diskusi dapat dijadikan rujukan bagi masyarakat.

"Apa yang sudah dimulai Pak Jokowi partai-partai juga mengikuti, kami juga melakukan hal yang sama, saling kunjung, tukar pikiran, saling berdiskusi, bagaimana agar para pemimpin, elite politik, pejabat tinggi mengeluarkan imbauan yang menyejukkan, mendamaikan serta memberikan rasa aman dan tenang," kata Zulkifli didampingi Setnov usai pertemuan di DPP Golkar, Rabu.

Zulkifli yang juga menjabat sebagai Ketua MPR memastikan, cara silahturahmi akan ditularkan kepada para politisi di setiap fraksi di MPR. Cara ini, diyakini menciptakan kesejukan dan kedamaian di tengah masyarakat yang mulai menghangat akibat isu penistaan agama Pilkada DKI Jakarta.

"Silaturahmi juga bisa mencegah kesalahpahaman, tidak saling mengerti. Tadi saya meminta Pak Nov sebagai Ketua Golkar. Kami nanti di MPR bersama-sama fraksi, ada 10 fraksi di MPR akan melanjutkan silahturahim ini kepada para ulama, habaib,  tokoh agama, tokoh masyarakat. Kita ingin mendengar kawan-kawan yang melaksanakan aksi, apa pikirannya. Paling tidak kalau ada 10 masalah separo bisa kita selesaikan," ujarnya.

Langkah ini, kata Zulkifli, sama seperti yang dilakukan Jokowi dalam menanggapi isu penistaan agama yang menghangat akhir-akhir ini. Cara-cara Jokowi dipuji oleh Zulkifli karena menciptakan suasana yang sejuk dan teduh.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
23-11-2016 17:28