Main Menu

Lembaga Riset Prancis Jalin Kerjasama dengan LIPI untuk Keanekaragaman Hayati

Fahrio Rizaldi A.
05-04-2017 21:55

Kepala LIPI, Prof Iskandar Zulkarnain (GATRAnews/Antara)

Jakarta, GATRAnews - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar kerjasama dengan lembaga asal Prancis, Institut De Rescherche Pour Le Development (IRD). Kedua lembaga tersebut sepakat melanjutkan kerjasama di bidang penelitian hayati dan kebumian yang pernah digelar sejak 2012.

Tahun ini, LIPI dan IRD memperpanjang kontrak kerjasama mereka untuk jangka waktu 2017-2021. Tahun 2012 lalu, LIPI dan IRD melakukan penelitian bersama yang diimplementasikan langsung oleh Pusat Penelitian Biologi dan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI.

"Kerjasama yang telah dikerjakan tersebut yaitu inventarisasi ikan air tawar Indonesia menggunakan teknologi DNA barcoding, ekspedisi Lengguru di Papua, filogeografi, keanekaragaman spesies fitoplankton dan lain sebagainya," ujar Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain, Rabu, (5/4) di Gedung Widya Satwaloka, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong, Bogor.

Penandatangan nota kesepahaman ini akan menambah bidang penelitian yang dikerjakan antara dua lembaga selama empat tahun ke depan. "Kerjasama ini akan difokuskan pada bidang ilmu kelautan, perubahan iklim, dan manajemen risiko bencana, keanekaragaman hayati serta pemanfaatan berkelanjutannya, dan ilmu sosial kemanusiaan," urai Iskandar.

Sementara itu, Presiden IRD, Jean Paul Moatti mengaku senang mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama lebih lanjut dengan LIPI. Moatti menilai kerjasama ini sangat penting dilakukan untuk menemukan potensi dari keanekaragaman hayati di Indonesia.

"Kami ingin bekerjasama dengan Indonesia di bidang penelitian keanekaragaman hayati. Ini penting, dan kami akan selalu melakukan evaluasi untuk penelitian ini," terang Moatti.

Moatti juga menjelaskan bahwa pihaknya juga akan mengadakan penelitian lebih jauh mengenai vulkanologi. "Karena level vulkanologi (gunung berapi) di negara ini tinggi, sehingga akan menjadi studi komparasi bagi kami," tandasnya.


Reporter: Rizaldi Abror

Editor: Nur Hidayat

 

Fahrio Rizaldi A.
05-04-2017 21:55