Main Menu

MUI: Aksi Terorisme Bertentangan dengan Pancasila dan Agama

Ervan
05-07-2017 10:29

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi (Dok Antara/Reno Esnir/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Maraknya aksi terorisme dengan sasaran aparat Kepolisian RI yang terjadi akhir-akhir ini membuat perihatin Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan tindakan tersebut bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan agama.

"Apa pun motifnya terorisme adalah perbuatan yang sangat keji dan tidak berperikemanusiaan. Bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan agama," kata Zainut lewat keterangan tertulisnya, Rabu (5/7).

MUI dalam fatwa Nomor 3 Tahun 2014 sudah menetapkan terorisme adalah tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan peradaban yang menimbulkan ancaman serius terhadap kedaulatan negara, bahaya terhadap keamanan, perdamaian dunia serta merugikan kesejahteraan masyarakat. Perbuatan terorisme adalah haram hukumnya. 

Sebab tindakan teror melibatkan unsur kekerasan atau yang menimbulkan efek bahaya bagi kehidupan manusia. Terorisme hukumnya haram karena pihak yang melakukan aksi teror bertujuan mengintimidasi penduduk sipil, mempengaruhi kebijakan pemerintah, memengaruhi penyelenggaraan negara dengan cara penculikan atau pembunuhan.

"Terorisme dengan segala bentuk, kapan dan di mana pun terjadinya, adalah perbuatan keji dan seluruh elemen bangsa harus serius memeranginya," lanjutnya. Untuk hal tersebut MUI mendukung aparat kepolisian dan keamanan untuk menangkap para aktor dan pelakunya dan mengusut tuntas sampai ke akar-akarnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Ervan
05-07-2017 10:29