Main Menu

KH Ma'ruf Amin: Tak Ada Sistem Pemerintahan Baku dalam Islam

Ervan
09-10-2017 21:13

KH Ma'ruf Amin (Gatra/Jongki Handianto/yus4)

Jakarta, gatracom- Rais Aam PBNU, KH Ma'ruf Amin mengungkapkan tak ada sistem pemerintahan baku dalam ajaran Islam. Sistem pemerintahan Republik yang dianut Indonesia, menurutnya tak bertentangan dengan ajaran Islam.

"Jadi sebenarnya kita kurang bisa menggali teori-teori (pemerintahan) ini. Jadi, sebenarnya inilah negara yang kita bangun dan tidak bertentangan dengan Islam. Dalam Islam tidak ada sistem pemerintahan baku, tidak benar Islam itu (harus) khilafah," ujarnya saat memberikan tausiah kegiatan Fiqih Tawassuth dan Tasamuh di Gedung PBNU, Kramat, Jakarta, Senin (9/10).

Saat zaman khilafah pun menurut Ma'ruf, ada pula sistem kerajaan seperti di Arab Saudi dan Yordania. Mesir dan Indonesia pun menganut sistem pemerintahan Republik. "Khilafah pernah menjadi sistem, tapi juga mengenal kerajaan seperti di Saudi dan Yordania itu kerajaan Islam. Atau ada juga sistem Amir seperti di Kuwait, Qatar dan Abu Dhabi, semua sistem ini diterima. Yang penting ada prinsip-prinsip Islam, yaitu keadilan dan kemerdekaan, nilai-nilai itu harus ada," lanjutnya.

Saat masa kemerdekaan memang sempat ada yang menginginkan agar Indonesia menjadi negara Islam. Namun, kalangan Ulama menyadari bahwa hal tersebut tidak bisa diterapkan karena Indonesia sendiri lahir dalam keberagaman. "Maka para ulama menerima negara ini (negara) kebangsaan sebagai solusi," ucap Ma'ruf.


Reporter: Ervan Bayu
Editor: Nur Hidayat

 

 

Ervan
09-10-2017 21:13