Main Menu

Indonesia Layak dan Pantas Jadi Pusat Pendidikan Islam Dunia

Abdul Rozak
15-11-2017 19:55

Ilustrasi.

Jakarta, Gatracom - Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar ke-3 di dunia, Indonesia sudah pantas menjadi pusat studi Islam setelah Timur Tengah. Islam di Indonesia memiliki kekhasan tersendiri karena berhasil menggabungkan dengan pengetahuan dan demokrasi.


"Islam di Indonesia itu tidak ada duanya di dunia. Islam yang berhasil berkonsolidasi dengan nilai pengetahuan dan demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Rabu (15/11).

Saat ini pelajar asing mulai melirik untuk menempuh pendidikan di sejumlah Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia. Kamaruddin mengatakan salah satunya adalah untuk mempelajari Islam di Indonesia.

Selain soal kekhasan, sambung Kamaruddin, Indonesia memiliki ratusan profesor dan ribuan doktor pakar Islam. Dengan itu, Islam di Tanah Air semakin menarik untuk dipelajari.

"Indonesia sangan pantas dan layak menjadi pusat studi pembelajaran ilmu Islam di dunia. Indonesia adalah bagian dari peradaban Islam," pungkas dia.

Seperti diketahui, Kementerian Agama akan menggelar Pameran Pendidikan Islam Internasional pada 21-24 November 2017 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan. Pameran ini diikuti ratusan lembaga pendidikan Islam, 18 universitas kelas dunia, 8 lembaga pendidikan dunia dan lima kedutaan besar di Indonesia.

Pameran bertajuk Pendidikan Islam Indonesia untuk Perdamaian Dunia ini digabungkan dengan beberapa seminar internasional, antara lain tentang Studi Islam, Studi Pesantren dan Kompetisi Robotik tingkat Madrasah.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
15-11-2017 19:55