Main Menu

Sejumlah Ormas Islam Demo Kedubes AS

Sandika Prihatnala
08-12-2017 15:30

Demonstrasi sejumlah ormas Islam di depan Kedutaan Amerika (GATRA/Abdul Rozak/yus4

Jakarta, Gatra.com - Ratusan massa dari sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam menggelar unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta. Ormas Islam ini mengecam Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. 

Ormas Islam yang menggelar aksi berasal dari organisasi sayap Nahdlatul Ulama (NU), GP Ansor, Jama'ah Muslimin Hizbullah dan lainnya. Dalam aksi tersebut juga membawa bendera Palestina sebagai bentuk solidaritas.

"Kami mengimbau dan mengajak warga dunia menolak dan melindung Yerusalem dari kekuatan imprealisme yang memaksa kehendak untuk menguasai sepenuhnya tanah suci secara ilegal," kata pimpinan ormas Jama'ah Muslimin Hizbullah Yakhsyallah Mansur, Jumat (8/12). 

Ormas Islam tanah air menilai ancaman terhadap Masjid Al Aqsa Yerusalem semakin nyata. Jamaah Muslimin meminta umat Islam bersatu untuk melindungi tempat suci tiga agama tersebut.

"Menyerukan kepada seluruh muslim di dunia untuk menghadapi masalah ini dengan serius. Karena Yerusalem merupakan tempat Masjid Al Aqsa berada dan seluruh muslim wajib melindunginya," kata dia.

Sebelumnya, Indonesia mengecam dan mengutuk pengakuan Amerika Serikat atas Yerusalem sebagai ibukota negara Israel, yang diumumkan Kamis (7/11) pagi waktu Indonesia. Kecaman itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Presiden Joko Widodo mengatakan pengakuan tersebut melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

"Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi DK dan Majelis Umum PBB yang Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya," kata Presiden di Istana Bogor.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
08-12-2017 15:30