Main Menu

Jokowi Jadikan Wanagama UGM Contoh Manajemen Hutan yang Berhasil

Mukhlison Sri Widodo
19-12-2017 17:51

Presiden Joko Widodo menanam pohon (Gatra/Arif Koes Hernawan/yus4)

Yogyakarta, Gatra.com - : Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan kawasan hutan Wanagama yang dikelola Fakultas Kehutanan UGM sebagai contoh manajemen hutan di Indonesia. Kementerian Kehutanan dan rimbawan di Indonesia ditantang Presiden untuk menyelesaikan persoalan kehutanan.

 

“Satu setengah tahun lalu saya bertemu Raja Norwegia. Beliau bercerita, bahwa meskipun negerinya kaya bahan tambang,  kehutanan menjadi komoditas utama perekonomian negara,” ujar Jokowi di awal sambutan dalam kunjungan ke fakultas almaternya itu, Selasa (19/12).

Presiden mengatakan, Norwegia berhasil membangun hutan sebagai sumber ekonomi karena dikerjakan secara profesional dan termanajemen dengan baik dari hulu sampai hilir.

Di Indonesia, dengan anggaran puluhan triliun yang dikucurkan selama belasan tahun melalui program tanam pohon,  hasilnya sama sekali tidak ada. Presiden menyatakan, ada yang salah dalam penanganan hutan di Indonesia.

Dengan kondisi lahan yang sangat subur dan tersebar di mana-mana, proyek kehutanan yang berbasis produksi seharusnya bisa dikerjakan asalkan ada kemauan.

“Malah yang terjadi penanaman skala besar terus dilakukan, namun penggerogotan hutan konservasi juga ikut membesar. Saya sering bertanya kepada Kementerian Kehutanan bagaimana ini bisa terjadi, tapi tidak pernah ada yang bisa menjawab,” kata Presiden.

Kondisi ini diperparah dengan paradigma penciptaan hutan cukup lewat seremoni penanaman. Sedangkan untuk perawatan dan pengelolaan pascapenebangan tidak dilakukan. Sehingga program kehutanan tidak pernah berhasil.

Presiden ingin Kementerian Kehutanan mencontoh hutan rakyat Wanagama milik UGM di Gunungkidul dalam pengelolaan hutan yang berhasil. Dengan melibatkan rakyat sebagai pengelola hutan, maka kesejahteraan rakyat turut meningkat.

“Soal hutan, mulai sekarang saya tidak main-main dan akan terus melakukan pemantauan. Meski di Perhutani dan Kementerian banyak teman saya, dalam kerja saya tidak peduli. Kawan adalah kawan, kerja adalah kerja,” katanya.

Di Fakultas Kehutanan UGM, Presiden bertemu dengan dosen pembimbingnya, Kasmujo, dan rekan-rekan seangkatannya. Bersama Gubernur DI Yogyakarta Sultan HB X dan Rektor UGM Panut Mulyono, Jokowi melakukan penanaman pohon cendana di halaman kampus sebelum berkeliling dan bernostalgia di kampus almamaternya itu.


Reporter : Arief Koes

Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
19-12-2017 17:51