Main Menu

Kedubes Palestina: Hubungan Islam-Kristen Terjalin Harmonis

Iwan Sutiawan
24-12-2017 08:33

Perwakilan Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Taher Hamad (kedua dari kanan) bersama ketua Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait. (Dok. TMP/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Perwakilan Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Taher Hamad, dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com di Jakarta, Minggu (24/12), menyampaikan, hubungan dan toleransi antara umat Islam dan Kristen di Palestina terjalin harmonis.


Taher menyampaikan keterangan tersebut dalam acara Peringatan Natal Taruna Merah Putih (TMP) yang digelar di Gedung Mulia Raja, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (22/12), yang dihadiri Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto, Ketua Umum Bamusi Hamka Haq, DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning, dan Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait.

Kehidupan beragama antara Islam dan Kristen terjalin sangat indah. Masing-masing agama saling menghormati dan menghargai. "Di Palastina, jika umat Islam merayakan hari besar, umat Kristen turut merayakan dan sebaliknya," kata Taher. 

Bahkan, lanjut Taher, saat perayaan Idul Adha, umat Kristiani juga turut berkurban. Dan saat Natal umat Islam juga memiliki pohon natal di rumah masing-masing. "Sungguh toleransi di sana sangat indah," ujarnya. 

Karena itu, Taher sangat menyesalkan klaim Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump yang menyatakan, bahwa kota suci Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Itu merupakan langkah mundur dalam upaya mewujudkan perdamaian di tanah Palestina. 

Sementara Maruarar Sirait menegaaskan, kota suci Yerusalem merupakan kota milik semua agama yang ada di sana. Kota Yerusalem bukan milik Israel. Klaim Trump itu merupakan kebijakan keliru dan akan merusak upaya perdamaain yang sedang dibangun.

Maruarar menegaskan, TMP memiliki sikap yang tegas terkait Palestina. TMP akan mendukung penuh perjuagan rakyat Palestina untuk mewujudkan perdamaian. 
"Sebagai sayap Partai PDI Perjuangan, TMP tegas menjalankan tujun dilahirnya bangsa Indonesia, yakni mewujudkan perdamaian dunia dan melawan bentuk penjajahan di muka bumi," ujarnya.

Pria yang akrab dengan panggilan Ara itu di hadapan sekitar 6.000 umat Kristiani dari jamaah gereja seluruh Jakarta, memanjatkan doa memohon agar di perayaan Natal ini Tuhan Yesus membukakan pintu hati Trump agar bijak dalam mengambil kebijakan dan keputusan.

Perayaan Natal TMP tahun 2017 juga menggelar Konser Bersama Tuhan Yesus di Danau Toba yang dimeriahkan oleh sejumlah artis, antara lain Lea Simanjuntak, Edo Kondologit, Berlian Hutauruk, Rita Butarbutar, Rany Simbolon, Dorman Manik, dan RNB Trio.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
24-12-2017 08:33