Main Menu

Tangkal Aksi Intoleransi, Mendagri Optimalkan Forum Kerukunan Umat Beragama 

Ervan
12-02-2018 14:49

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (GATRA/Jongki Handianto/re1)

Jakarta, Gatra.com- Guna menangkal banyaknya aksi penyerangan terhadap pemuka agama yang marak belakangan ini, ‎Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan mengoptimalkan kinerja Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

  

"‎Kami punya kewenangan untuk meningkatkan kinerja FKUB. Sudah kita dorong di Kemendagri dan Kapolri juga sudah terus berjalan," ungkap Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/2).

  

Tidak hanya itu, menurut Tjahjo, Presiden Joko Widodo juga telah mengingatkan hal tersebut. Termasuk menjelaskan mengenai indikasi yang muncul mengenai penganiayaan di sejumlah pesantren dan kemarin di gereja itu kami sudah detail sebelumnya.

  

Sebagai informasi, Minggu (11/2) kemarin terjadi aksi penyerangan terhadap Romo Karl Edmund Prier yang sedang memimpin misa pagi di Gereja Lidwina di Bedog, Sleman, Yogyakarta. Seorang pria bernama Suliyono menyerang sejumlah orang jemaat gereja dengan senjata pedang.

 

Saat ini, pemerintah telah mengantisipasi dan mendeteksi dugaan motif yang dilakukan ‎oleh para pelaku penyerangan tersebut. "Diskusi kami sudah mulai terkait sejumlah aktivitas sebelum hingga yang kemarin di Sleman," kata ," kata politisi PDI-Perjuangan tersebut.

  

Namun hingga saat ini belum diketahui motif penyerangan kepada pemuka agama umat katolik tersebut. Apakah bermotif politik menjelang kontestasi Pilkada serentak 2018, persiapan Pilpres 2019  ataupun lainnya.

  

"‎Saya belum bisa mendahului. Tapi apapun ancaman gangguan dalam rangka konsolidasi demokrasi bisa macam-macam. Bisa berita yang berujar kebencian, berita fitnah atau seperti ancaman teror kemarin," ucap Tjahjo.

  

 


Reporter: Ervan Bayu

Editor : Birny Birdieni 

 

Ervan
12-02-2018 14:49