Main Menu

Guntur: Puisi Sukmawati Bukan Pandangan Keluarga Besar Bung Karno

Iwan Sutiawan
03-04-2018 18:29

Guntur Soekarnoputra selaku anak tertua di keluarga Seokarno angkat bicara soal puisi berjudul "Ibu Indonesia" yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri dalam acara Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (29/3). (Dok.Gatranews/RT)

Jakarta, Gatra.com - Guntur Soekarnoputra selaku anak tertua di keluarga Seokarno angkat bicara soal puisi berjudul "Ibu Indonesia" yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri dalam acara Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (29/3).

Guntur dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com di Jakarta, Selasa (3/4), memastikan, bahwa seluruh keluarga besar Presiden Soekarno (Bung Karno) sejak kecil diajarkan keagamaan sesuai syariat Islam.

"Sebagai anak tertua, saya saksi hidup, bahwa seluruh anak Soekarno dididik oleh Bung Karno dan ibu Fatmawati Soekarno sesuai ajaran Islam," katanya.

Bung Karno mengajarkan syariat agama Islam dan dia menjalankan rukun Islam, termasuk menunaikan ibadah haji. Atas nama keluarga Bung Karno, Guntur menyesalkan munculnya puisi tersebut di Indonesia Fashion Week 2018 yang saat itu digelar acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya.

Guntur memilih tidak mau mengomentari lebih jauh soal puisi adiknya itu. Namun demikian, dia memastikan bahwa puisi yang dibuat Sukmawati itu sama sekali tidak terkait dengan pandangan dan sikap keluarga Bung Karno mengenai ajaran agama Islam.

"Itu pendapat pribadi Sukmawati, tidak ada urusannya dengan pandangan dan sikap keluarga. Saya juga yakin puisi Sukma tersebut tidak mewakili sikap keimanannya sebagai seorang muslimah, dan saya ingin Sukma segera meluruskannya," ujar pria yang akrab disapa Mas Tok ini.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
03-04-2018 18:29