Main Menu

Lawan Rentenir, BAZNAS Siapkan Microfinance Non Profit

Rosyid
14-05-2018 20:47

Ilustrasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kecil BAZNAS. (Dok. Kitabisa/FT02)

Jakarta,Gatra.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan meluncurkan lembaga microfinance untuk pedesaan. Lembaga yang diberi nama BAZNAS Microfinance Desa (BMD) ini akan menjadi lembaga keuangan non profit.Tim pengelola BMD ini sudah dibentuk dan diharapkan bisa segera beroperasi pada Ramadan tahun ini.

BAZNAS berharap lembaga ini menjadi alternatif warga miskin desa untuk mendapat pembiayaan kebutuhan usaha maupun konsumsi agar tidak terjebak rentenir. Lewat lembaga ini warga mendapat pinjaman lunak tanpa bunga.

"Bahkan tidak dibayarpun tidak apa apa, karena itu uang sedekah yang harus disalurkan. Tapi karena yang perlu dibantu banyak, sekaligus mendidik mereka maka harus kembalikan. jadi sesederhana itu," terang Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta, Jakarta, Senin (14/5).

Menurut Arifin, lembaga itu diharapkan sehebat bank keliling yabg bisa menembus keberagam lapisan masyarakat. Untuk tahap awal akan didirikan diseputaran Jabodetabek. Setiap titik disiapkan modal Rp 600 juta. "Hingga akhir tahun ini kami siapkan Rp 16 miliar. Jadi bisa sekitar 35 titik," tambahnya.


Editor: Rosyid

Rosyid
14-05-2018 20:47