Main Menu

Wakaf Quran untuk Kikis Ummi

Iwan Sutiawan
08-06-2018 22:11

Penyerahan wakaf Alquran. (Ist/re1)

Jakarta, Gatra.com - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas kembali mewakafkan Alquran. Kali ini, 1.500 Alquran diwakafkan kepada warga di sekitar Kelurahan Gelora dan Grogol Utara, Jakarta. Wakaf di antaranya untuk mengikis buta huruf (ummi) Alquran dan meningkatkan literasi warga terhadap Alquran.

"Wakaf ini demi mendukung kegiatan ibadah umat muslim pada bulan Ramadan, serta meningkatkan literasi Alquran bagi warga," kata Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas di Jakarta, Jumat (8/6).

Saleh melanjutkan, upaya ini merujuk pada hasil riset dari Institut Ilmu Alquran (IIQ) pada Januari 2018 yang mencatat sekitar 65% masyarakat Indonesia buta huruf Alquran atau ummi.

Program Wakaf Quran ini merupakan wujud penerapan nilai-nilai Ramadan dengan semangat saling berbagi kepada sesama. Memasuki tahun ke-10 pelaksanaan program Wakaf Quran, menargetkan dapat mendistribusikan 1 juta Alquran ke seluruh pelosok Indonesia.

"Kami sangat berharap program Wakaf Quran dapat terus berlangsung dan menjangkau banyak masyarakat Indonesia. Memasuki tahun ke-10 penyelenggaraan Wakaf Quran, kami berharap dapat mendonasikan hingga 1 juta Alquran ke depannya," kata Saleh.

Menurutnya, sejak tahun 2008 lalu, pihak perusahaan melalui program Wakaf Quran telah mendonasikan lebih dari 800.000 Alquran, buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma, serta Alquran braille bagi tunanetra.

"Program Wakaf Quran ini merupakan wujud nyata dari komitmen dalam membantu pemerintah memperluas ketersediaan Alquran serta meningkatkan literasi Alquran masyarakat Indonesia," kata Suhendra Wiriadinata, Direktur APP Sinar Mas, menambahkan.

Sementara itu, Rusdi Amral mengapresiasi program Wakaf Quran yang telah membantu meningkatkan kualitas literasi Alquran warga. Keterlibatan perusahaan bersama berbagai lapisan pemangku kepentingan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan angka literasi Alquran di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi program Wakaf Quran yang diinisiasi oleh APP Sinar Mas. Kami juga bangga dapat menyediakan wadah agar program ini lebih banyak menjangkau masyarakat. Melibatkan banyak pihak untuk menurunkan angka buta huruf Alquran merupakan inisiatif yang sangat mulia dan patut dicontoh oleh banyak perusahaan di Indonesia," kata Rusdi.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
08-06-2018 22:11