Main Menu

Habib Muhammad Ajak Umat Islam di Palembang Tingkatkan Ibadah Pasca-Ramadan

Iwan Sutiawan
16-06-2018 18:23

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyampaikan sambutan Idul Fitri di Masjid Agung Palembang (GATRA/Tasmalinda/Yus4)

Palembang, Gatra.com - Pimpinan Majelis Ta'lim dan Tadzkit Al-Anwar Jakarta, Alhabib Muhammad bin Taufik bin Syahab, mengajak umat Islam khususnya di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), tetap menjaga semangat Ramadan dalam menjalankan ibadah setelah berpisah dengan bulan suci 1439 H/2018 M.

"Ramadan mengajarkan umat untuk memperbaiki diri dan kemudian kembali fitra dan terus memperbaiki ibadah," katanya saat menyampaikan khotbah salat Idul Fitri 1439 H di Masjid Agung Kota Palembang, Sumsel.

Pelaksanaan salat ied di masjid yang terletak di jantung Kota Palembang dan mendapat pengamanan sejak malam takbiran, itu diikuti ribuan jemaah. Banyaknya jemaah sehingga tumpah ruang hingga pelataran parkir dan jalan raya, mengakibatkan lalu lintas dari dan menuju Jembatan Ampera sempat mengalami rekayasa dan penutupan sementara.

Sholat Ied tersebut juga dihadiri Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan Plt Wali Kota Palembang, Achmad Najib dan jajaran muspida. Salat ied masjid agung diimami oleh imam besar masjid Ustad Nawawi Al Hafidz.

Dalam sambutannya, Alex mengatakan Provinsi Sumsel sedang bersiap menyelenggarakan agenda pemilihan kepala daerah. Dalam hitungan hari ke depan, agenda demokrasi itupun akan segera dilaksanakan.

Ramadan mengajarkan umat Islam untuk semakin memperbaiki ibadah serta hendaknya tetap mempertahankan kondusifitas keamanan di Sumsel.

"Kejadian di Lubuk Linggau, masyarakat hendaknya tidak mudah terprovokasi. Jaga kondisi aman, karena itu yang menjadi salah satu alasan Palembang [Sumsel] menjadi tuan rumah Asian Games," katanya.

Pada kesempatan ini, Alex menyatakan, pada tahun ini merupakan masa akhir periode kepemimpinannnya. Banyak pembangunan yang telah dilakukan dengan dukungan masyarakat. Karena itu, hendaknya jangan merusak keberhasilan tersebut dengan kejadian-kejadian yang merugikan masyarakat. "Biarlah nanti diteruskan oleh Gubernur terpilih, dan tetap menjaga kondisi kondusif di Sumsel," imbaunya.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Palembang, Akhamd Najib mengajak masyarakat Palembang lebih aktif menyukseskan dua agenda yang akan segera dilalui, yakni Pilkada serentak dan Asian Games, Agustus-September mendatang. "Keberahasilan Palembang merupakan keberhasilan bersama, karena itu perlu dukungan masyarakat," katanya.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
16-06-2018 18:23