Main Menu

Ini Kronologis Pertemuan Setnov-Donald Trump Versi Tantowi Yahya

Ervan
09-09-2015 10:34

Ketua DPR RI Setya Novanto (GATRA/Jongki Handianto)

Jakarta, GATRAnews - Salah seorang anggota rombongan DPR ke New York, Amerika Serikat, Tantowi Yahya menjelaskan kronologis pertemuan antara Ketua DPR Setya Novanto dan rombongan dengan Donald Trump. Tantowi bercerita, pertemuan yang berlangsung di markas bakal calon presiden Amerika Serikat itu berlangsung selama 30 menit. Pertemuan digelar non formal dan penuh keakraban.

Trump, menurut Tantowi, tak segan menunjukkan rasa senangnya dikunjungi rombongan dari parlemen tersebut. Setelah selesai, tiba-tiba miliuner asal negeri Paman Sam itu meminta rombongan menengok konferensi pers di lantai bawah kantornya. Secara tak spesifik dan resmi, Trump mengajak rombongan Setnov untuk ikut menyaksikan jalannya acara tersebut.

"Jadi dia (Trump) bilang why don't you just come around? Jadi, kalimatnya itu, bukan mengundang secara spesifik, kalau undang secara spesifik kan, 'bapak bisa enggak hadir di press conference saya?'. Jadi, (istilahnya) kalian kan ada di sini, coba saja gabung ke bawah," ungkap Tantowi, Selasa (8/9).

Dalam keadaan seperti itu, lanjut Tantowi, suasana menjadi kikuk karena tidak baik ajakan itu ditolak. Terlebih, penolakan hanya menyisakan kesan yang kurang baik sebagai tamu. "Pertemuan yang di atas sudah selesai, diawali dengan baik dan diakhiri dengan baik, ditutup dengan baik," lanjutnya.

Saat berdiri di belakang podium, ada yang mengingatkan Trump bahwa ada Setnov yang kemudian diperkenalkannya ke publik sebagai rasa hormat. "Jadi, di sini semua asumsi-asumsi, gambar-gambar itu tidak pernah tahu bagaimana kejadian selanjutnya. Kalau saya kan saksi sejarah bagaimana proses dia diundang dan bagaimana kikuknya kita," tutur Tantowi.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Ervan
09-09-2015 10:34