Main Menu

PDIP: Kader Wajib Punya Kemampuan Komunikasi Politik

Ervan
04-10-2015 10:23

TB Hasanuddin (kiri) sebagai pembicara di hadapan kader PDI Perjuangan (GATRAnews/dok)

Jakarta, GATRAnews - Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Barat menggelar Pelatihan Komunikasi Strategi Media di Kantor DPD PDI Jawa Barat, Sabtu (3/10) yang diikuti pengurus DPD PDIP Jabar, pengurus DPC dan seluruh calon kepala daerah di Jawa Barat yang akan ikut dalam Pilkada Serentak pada 9 Desember mendatang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Mayjen TNI (Purn) DR.H. Tubagus Hasanuddin menilai kemampuan komunikasi politik mutlak dimiliki oleh kader PDIP agar kebijakan dan visi partai bisa sampai di masyarakat. "Komunikasi Politik merupakan hal yang penting dalam upaya melakukan pergerakan politik. Memiliki kemampuan komunikasi politik harus dimiliki setiap kader PDI Perjuangan Jawa Barat agar pesan-pesan partai bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," katanya.

TB Hasanuddin berharap dengan pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan komunikasi politik kader PDIP Jabar. “Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Kader PDIP khususnya di Jawa Barat dalam teknis berkomunikasi dengan publik memulai media,” imbuhnya.

Dalam acara ini, pelatihan Komunikasi strategi Media ditekankan agar kader memiliki wawasan bahwa peran media begitu penting di masa sekarang, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, dan orang mengerti dengan apa yang disampaikan. “Banyak orang pintar tak bisa ngomong. Nah, saat ini kita membutuhkan orang yang mampu menjabarkan sebuah ide atau gagasan agar dipahami publik,” tegas anggota Komisi III DPR itu.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan  komunikasi politik menjadi semakin penting dalam politik kontemporer seperti saat ini. “Politik upaya membangun peradaban baru guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat  tentu saja kami memerlukan kader yang tidak hanya merubah mindset terhadap pentingnya komunikasi politik tapi juga memiliki pengalaman praktis,” paparnya.

Untuk itu lanjut Hasto kader PDIP di seluruh daerah harus dilatih terhadap komunikasi politik yang baik sehingga kader memiliki kemampuan  untuk menyampaikan gagasan-gasan partai secara menarik ke publik. “Pada akhirnya Upaya-upaya yang saling memahami dalam pelatihan ini mampu membangun kesadaran  komunikasi politik terutama kepada masyarakat,” tuturnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Ervan
04-10-2015 10:23