Main Menu

DPD Ingin Tingkatkan Kerjasama dengan Parlemen India

Ervan
03-11-2015 13:10

Ketua DPD RI Irman Gusman (GATRAnews/Adi Wijaya)

Jakarta, GATRAnews - Wakil Presiden India dan sekaligus Ketua Senat India Mohammad Hamid Ansari menggelar kunjungan kenegaraan ke Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Kunjungan ini dalam rangka memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Kehadiran Hamid Ansari ini disambut oleh Ketua DPD RI Irman Gusman, Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad, dan Sekjen DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto di ruang delegasi lantai 8 gedung, Nusantara III gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/11).

Dijelaskan Irman, jika di Indonesia ada DPR yang mewakili rakyat lewat jalur politik dan DPD mewakili kepentingan rakyat dan daerah, ‎maka India memiliki Rajya Sabha (Dewan Negara Bagian) dan Lok Shaba (Dewan Perwakilan Rakyat). 

"Rajya Sabha ini beranggotakan 250 orang dengan massa jabatan 6 tahun. Wapres India secara otomatis jadi ketua Rajya Sabha. Jadi jika  di sana ada Rajya Sabha, maka di Indonesia ada DPD RI," ujar Irman dalam konferensi pers pasca pertemuan dengan Hamid Ansari.

Atas alasan itu, kunjungan kenegaraan kali ini dilakukan‎ untuk saling memperkuat hubungan antar kedua negara. Terlebih, banyak kesamaan di antara kedua negara. "Kita sama-sama masuk G20, juga negara demokrasi terbesar di dunia. Jadi kerjasama antar kedua negara baik pemerintah dan wakil rakyat harus ditingkatkan. Dalam hal ini, hubungan DPD RI dengan Rajya Sabha harus ditingkatkan. Itu intisari pembicaraan kami," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu    

Editor: Nur Hidayat

Ervan
03-11-2015 13:10