Main Menu

Sebut KPK Main-Main dengan Hukum, Surya Paloh Dinilai Tak Legowo

Ervan
04-11-2015 17:41

Ketua Umum Parta Nasdem, Surya Paloh (ANTARA/dok)

Jakarta, GATRAnews - Pidato Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh di Jawa Timur pekan lalu soal "permainan hukum oleh KPK" dinilai sejumlah kalangan sebagai sikap yang tidak legowo. Sekretaris Jenderal Gerakan Muda Nusantara (GMN), Rahman Wenno menilai, harusnya Paloh legowo jika melihat kadernya tersandung kasus harus mengikuti prosss hukum yang berlaku.

"Kami berpandangan bahwa Surya Paloh terkesan kurang legowo atas apa yang menimpa kader partainya tersebut. Seharusnya Surya Paloh dewasa dan gentelmen dalam menghadapi kasus tersebut bukan menuding apalagi marah kepada aparat penegak hukum itu akan mengesankan beliau arogan," ujar Rahman melalui keterangan tertulisnya, Rabu (4/11).

Rahman menilai, selama ini KPK masih berlaku sesuai koridor hukum yang berlaku. Kasus yang menjerat mantan Sekjen Nasdem, Rio Patrice Capella pun dinilai Rahman murni kasus hukum bukan lobi politik seperti yang disangkakan banyak pihak saat ini.

Rahman mengatakan, Paloh selaku pemilik media mestinya tak melakukan hal yang arogan seperti itu karena akan semakin membuat citra buruk partai. Rahman juga mengatakan mestinya, Paloh bersikap mendukung atas tindakan KPK agar Indonesia bebas dari korupsi.

"Kenapa harus marah dan menuduh ada politisasi, sementara masyarakat tahu bahwa Surya Paloh adalah tokoh senior media yang menjunjung kebebasan menyampaikan informasi. Jangan munculkan kesan yang berkebalikan antara ucapan dan perbuatan," imbuhnya.

Sebelumnya, Rahman mencatat, dalam pidato Surya Paloh di Jawa Timur Paloh sempat berujar terkait penegak hukum. Paloh yang mengatakan aparat penegak hukum jangan pernah bermain-main dengan hukum itu sendiri.

Jika sampai terjadi demikian, Partai Nasdem akan menunjukan kemarahannya kepada siapapun pihak yang mencoba bermain-main dengan hukum. "Justru bahasa 'kami punya batas kesabaran' sebagai jawaban atas pemberitaan media massa, mencerminkan sikap seorang yang tak siap menerima kritik. Ini jauh dari kesan yang selama ini ditunjukkan Surya Paloh," ungkapnya.  


Reporter: Ervan Bayu      

Editor: Nur Hidayat 

Ervan
04-11-2015 17:41