Main Menu

Golkar Rombak Seluruh Anggotanya di MKD

Ervan
26-11-2015 19:41

Sekretaris Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo (dok. Gatra/Abdul Malik MSN)

Jakarta, GATRAnews - Fraksi Golkar mengganti semua anggotanya yang duduk di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. Ketiganya adalah Hardi Soesilo diganti Kahar Muzakir, Budi Supriyanto digantikan Adies Kadir, dan Dadang S Moechtar digantikan Ridwan Bae.

 

Sekretaris Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo, pergantian tersebut merupakan upaya Golkar dalam mengawal kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo oleh Ketua DPR Setya Novanyo berjalan adil dan transparan.

 

Pergantian tersebut menurut penilaian Partai Golkar penting untuk memastikan proses beracara di MKD berjalan sesuai mekanisme dan peraturan UU dan tanpa adanya upaya politisisasi.

 

"Golkar berpandangan bahwa proses di MKD harus berjalan profesional, terbuka bagi publik (transparan) dan fair atau adil. Tanpa penzoliman, fitnah dan kriminalisasi," ujarnya lewat pesan singkat, Kamis (26/11).

 

Bambang menyatakan Golkar akan mengawal kasus Novanto dengan sebaik-sebaiknya. Apalagi kabarnya barang bukti berupa rekaman yang disodorkan Menteri ESDM Sudirman Said berisi percakapan yang menyebut nama nama pejabat negara lainnya.

 

"Apalagi kami mendengar informasi bahwa rekaman lengkap yang berdurasi 100-an menit itu lebih mengerikan. Karena melibatkan lebih banyak nama-nama penting dan kesohor. Jadi, pasukan Golkar di MKD harus kuat dan obyektif. Kalau ada upaya kriminalisasi dan politisasi Golkar akan melakukan perlawanan habis-habisan," imbuhnya.

 

Sementara itu, Ketua MKD Surahman Hidayat mengaku tak mempersoalkan pergantian anggota dari Golkar. Pergantian, menurutnya, adalah hal yang biasa.

 

"Iya ada diganti semua, per hari ini 26 November, surat dari Fraksi Golkar ditandatangani Ketua dan Sekretaris (Ade Komarudin dan Bambang Soesatyo)," ujar Surahman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/11).


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
26-11-2015 19:41