Main Menu

Dua Anggota MKD Dari Demokrat: Novanto Langgar Etik, Sanksi ''Sedang''

Ervan
16-12-2015 17:16

Pimpinan Sidang MKD Surahman Hidayat mempersilahkan masing-masing anggota menyatakan pendapatnya (GATRAnews/Abdurachman)

Jakarta, GATRAnews - Para anggota ‎Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) membacakan putusannya terhadap dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus 'Papa Minta Saham'.

 

Anggota MKD satu persatu membacakan putusannya setelah melakukan rapat internal tertutup. Anggota MKD dari Fraksi Partai Demokrat Darizal Basir dan Guntur Sasono menilai Novanto telah melanggar kode etik dan  layak dijatuhi sanksi sedang terhadap politisi Golkar tersebut.

"Terkait pelanggaran ini saudara Setya Novanto dapat dikenakan pelanggaran sedang karena yang bersangkutan sudah pernah dapat sanksi ringan sebelumnya," kata Guntur di ruang MKD, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/12).

 

Guntur membeberkan beberapa pasal dalam tata tertib anggota DPR yang yang dilanggar Novanto yakni anggota dewan harus menjaga harkat dan martabat rakyat telah dilanggar oleh Setya Novanto. Sebagai Pimpinan, seharusnya Setya Novanto mengedepankan pasa-pasal yang telah diatur tersebut.

 

"Secara proses dan kronologis sudah kita ketahui bersma dan kita jalani bersmaa. Bahwa telah terjadi pelenggaran kode etik yang dilakukan saudara Setya Novanto sebagai pimpinan lembaga negara DPR," ucap Guntur.

 

Sebelumnya, anggota MKD dari Demokrat Darizal Basir mempunyai keputusan yang sama yakni menjatuhkan sanksi sedang dan memberhentikan Novanto dari jabatannya sebagai Ketua DPR.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
16-12-2015 17:16