Main Menu

Serap Aspirasi Soal Budaya, SBY Kunjungi Candi Prambanan

Ervan
14-03-2016 16:48

SBY saat mengunjungi Candi Prambanan (ANTARA/Anung/re1)

Jakarta, GATRAnews - Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono bersama rombongan singgah ke Candi Prambanan, DIY dalam rangka perjalannya keliling Pulau Jawa. Selain menikmati pemandangan warisan budaya Indonesia, SBY menyapa warga untuk kegiatan meet the people

Kedatangan SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono pagi ini sekaligus untuk perjalanan rombongan Tour the Java menuju Boyolali dan Salatiga dari DIY. Diawali dengan sarapan di restoran Rama dan Sinta yang berada di kompleks Prambanan, SBY lalu naik untuk melihat-lihat candi. Ibu Ani juga mengeluarkan kameranya untuk mengambil gambar pemandangan dan candi. 

Beberapa fungsionaris PD yang ikut dalam rombongan ini seperti Waketum Roy Suryo, Syarief Hasan, dan Cornel Simbolan. Kemudian juga ada Sekjen PD Hinca Panjaitan dan beberapa elite lainnya. Roy mengingatkan bahwa SBY adalah presiden pertama yang memegang stupa kepala di Candi Prambanan. Stupa tersebut jatuh saat Gempa Yogyakarta 2006 lalu. "Oh ya saya pegang dulu setelah gempa, untuk mengawali pembangunan kembali," ujar SBY, Minggu (13/3). 

Ketua Panitia SBY Tour de Java, Didik Mukrianto menyatakan, kedatangan rombongan ke candi Prambanan adalah untuk mengingatkan betapa indahnya Indonesia. Meski beberapa kali datang, SBY tampaknya juga sangat menikmati berkekeling di kawasan warisan budaya tersebut. 

"Ya kami singgah sekalian jalan ke kota berikutnya dalam rangkaian Tour de Java. Ini agar kita tidak lupa betapa kaya-nya Indonesia. Agar kita tetap ingat budaya yang kita miliki," ujar Didik di lokasi yang sama. 

Sementara itu menurut Wasekjen PD yang salah satu fokusnya adalah membidangi budaya, Putu Supadma Rudana, partai berlambang Mercy itu memiliki komitmen untuk terus mengangkat kebudayaan Indonesia. 

"Demokrat betul-betul ingin menyerap tidak cuma aspirasi yang tersurat tapi aspirasi yang tersirat. Keindahan kemuliaan seperti Candi Prambanan ini menunjukkan tingginya peradaban dan kebudayaan Indonesia," ungkap Putu yang ikut dalam rombongan SBY Tour de Java. 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Ervan
14-03-2016 16:48