Main Menu

Ingin Soeharto Jadi Pahlawan, Airlangga Diminta Tak Tonjolkan Kultur Orde Baru

Ervan
11-05-2016 10:02

Airlangga Hartarto (Gatra/Jongki Handianto/yus4)

Jakarta, GATRAnews - Calon Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berjanji akan menjadikan Presiden RI ke-2 Soeharto menjadi pahlawan nasional jika terpilih menjadi ketua umum. Airlangga pun juga sudah ziarah ke makam Soeharto di Solo sebelum bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum Golkar.

Pengamat politik Universitas Indonesia Arbi Sanit mengatakan untuk menjadikan Golkar kembali berjaya, maka Airlangga tidak boleh lagi menonjolkan kultur Orde Baru dalam partai berlambang Pohon Beringin tersebut. Apalagi, lanjutnya, Golkar saat ini tengah “merapat” ke pemerintahan Jokowi-JK. “Akan jadi kesalahan besar jika Airlangga menonjolkan kultur berbau Orde Baru dalam perebutan kursi ketua umum Golkar,” kata Arbi Sanit kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/5).

Menurutnya, masyarakat masih trauma di jaman orde baru dan pasti akan menolak semua kultur dan tokoh yang mencirikan jaman tersebut.  “Kultur dan cara-cara orde baru sudah tidak bisa diterapkan di Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam dialog dengan ketua dan sekretaris DPD II Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah di Kota Solo, 8 Maret 2016, Airlangga sempat mengatakan bakal memperjuangkan Soeharto jadi pahlawan nasional. Selain itu, sejumlah masukan juga dilontarkan kepada Airlangga. Antara lain merangkul keluarga Soeharto sebagai pengurus DPP serta tak meninggalkan keluarga besar TNI dan Polri. "Kami memang tengah melakukan pendekatan dengan beberapa keluarga, seperti Mas Tommy. Kalau Mbak Titik Soeharto memang sudah aktif sebagai pengurus," katanya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Ervan
11-05-2016 10:02