Main Menu

Jokowi Hingga Suu Kyi Hadiri KTT ASEAN Laos

Januar
06-09-2016 19:50

Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Laos (AFP/Roslan Rahman/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-28 dan ke-29 yang diselenggarakan di National Convention Centre, Vientiane Laos, Selasa, telah dimulai. Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dari Vientiane, Laos, menyebutkan acara pembukaan diawali dengan kehadiran para kepala negara/pemerintahan ASEAN yang disambut langsung Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith pada pukul 13.00 waktu setempat. 

Seperti dikutip dari Antara, berturut-turut kepala negara/pemerintahan ASEAN yang hadir adalah Sultan Brunei Sultan Hassanah Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, dan Perdana Menteri Myanmar Aung San Suu Kyi. Selanjutnya Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, dan Presiden Laos Bounnhang Vorachith. 

Usai bersalaman dan berfoto dengan PM Laos, para kepala negara/pemerintahan mengikuti upacara pembukaan KTT ASEAN ke-28 dan ke-29 yang ditandai dengan penekanan tombol bersama peluncuran "Visit [email protected]: Golden Celebration". Agenda pertama yang diikuti oleh para kepala negara/pemerintahan adalah KTT ASEAN ke-28. 

Sementara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan mengikuti seluruh rangkaian acara KTT ASEAN ke-28 dan ke-29 yang digelar di Nasional Convention Center Vientiane, Laos.

Selain menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Australia Malcolm Turnbull. Presiden Jokowi akan berada di Vientiane hingga Kamis (8/9) dan direncanakan tiba kembali di Jakarta pada Kamis malam (8/9). 


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur HIdayat

Januar
06-09-2016 19:50