Main Menu

Pertemuan Cikeas Gagal Sepakati Calon Lawan Ahok

Hidayat Adhiningrat P.
22-09-2016 01:00

Pertemuan 4 Pimpinan Partai (Demokrat, PAN, PPP, PKB) di Cikeas, 22 September 2016. (GATRA/Hidayat Adhiningrat)

Cikeas, GATRAnews - Hari sudah berganti ke Kamis dinihari (22/9), empat petinggi partai akhirnya menutup rapat di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Cikeas, Cibubur. Pertemuan yang berlangsung hampir 5 jam itu ternyata belum menghasilkan keputusan bulat terkait Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan diusung oleh koalisi kekeluargaan dalam Pilkada 2017. 

 

Koalisi kekeluargaan yang sedianya berisi enam partai : Demokrat, Gerindra, PKB, PAN, PKS, dan PPP dalam pertemuan di Cikeas ini hanya dihadiri oleh empat partai minus Gerindra dan PKS. Namun tanpa kehadiran fisik bukan berarti putus hubungan.

 

"Sampai jam 12 malam tadi kita komunikasi terus dengan Gerindra dan PKS," ungkap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. 

 

Namun, sampai sejauh ini belum ada kesepakatan pasti mengenai pengusungan Calon di Pilkada oleh koalisi ini. "Tunggu besok," ujar Zulkifli. 

 

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menambahkan bahwa kesepakatan yang ada di rapat tadi adalah melakukan follow up apa yang terjadi di masing-masing DPW dan DPP. "Hasil tadi akan difinalisasi dan finalisasinya akan dikembalikan ke DPP dan DPW masing-masing partai," katanya.

 

Senada dengan pimpinan partai lainnya, ketua unum PPP Romaharmuziy (Romi) mengatakan bahwa besok baru akan diumumkan siapa pasangan calon yang akan diusung koalisi ini. Rapat yang dilakukan, katanya, berisi simulasi-simulasi dan perhitungan mengenai pasangan calon yang akan diusung.

 

"Siapa nomor satu siapa nomor dua. Nah opsi itu yang perlu kita konfirmasi ke kandidatnya yang ada di opsi itu. Kedua, kita perlu konfirmasi ke Partai Gerindra dan PKS yang memang kita harap bisa bersama-sama," katanya.

 

Simulasi tersebut, lanjut Romi, termasuk juga menghitung apakah akan ada satu pasangan calon atau dua pasangan calon yang akan diusung. "Termasuk Kita juga masih mendapatkan hasil-hasil survey yang masih berjalan," jelas Romi.


Reporter : Hidayat Adhiningrat P

Editor: Dani Hamdani 

Hidayat Adhiningrat P.
22-09-2016 01:00