Main Menu

Rapat Cikeas Cenderung Usung Satu Paslon Lawan Ahok

Hidayat Adhiningrat P.
22-09-2016 01:45

Pertemuan 4 Pimpinan Partai (Demokrat, PAN, PPP, PKB) di Cikeas, 22 September 2016. (GATRA/Hidayat Adhiningrat)

Jakarta, GATRAnews - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romaharmuziy usai mengikuti rapat di Cikeas mengatakan bahwa dengan mengajukan satu pasangan calon untuk Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, kekuatan koalisi kekeluargaan akan lebih maksimal.

 

"Tetapi satu hal yang sudah disepakati, kita meyakini walaupun (ada) tiga  paslon (yang mengikuti Pilkada DKI), enam partai ini akan bersatu di putaran kedua," katanya.

 

Pria yang akrab disapa Romi ini juga mengatakan bahwa selama meski berada di tempat yang berbeda, empat partai yang hadir di Cikeas tetap berkomunikasi via telepon dengan PKS dan Gerindra yang melakukan rapat di tempat terpisah.

 

"Apa yang disampaikan PKS bahwa mereka siap bergabung selama ada pasangan yang dinilai mampu menyatukan seluruh partai," ungkapnya.

 

Rapat di Cikeas, yang memakan waktu hampir lima jam, kata Romi karena setiap opsi yang muncul dalam rapat dikomunikasikan langsung ke PKS dan Gerindra. "Tentu mekanisme internal di PKS dan di Gerindra kan ada. Kita hormati itu, itulah makanya kita butuh waktu konfirmasi sampai besok siang," ujar Romi.

 

Ada beberapa opsi yang muncul dalam Rapat di Cikeas namun Romi belum mau memaparkan dengan gamblang opsi-opsi apa saja yang dimaksud. "Masih perlu kita konfirmasikan baik kepada calonnya maupun kepada PKS dan Gerindra," katanya.

 

Secara teoritik, lanjut Romi, dengan adanya 3 pasangan calon persaingan akan menarik karena pemilih akan mempunyai banyak alternatif dan besar kemungkinan akan ada dua putaran.

 

"Tetapi kalau kita berhitung antusiasme publik, jika publik jenuh dan tingkat partisipasi publik menurun di putaran kedua maka akan mengubah. Ini yang masih dinamis kita hitung," tutupnya.


Reporter : Hidayat Adhiningrat P

Editor: Dani Hamdani 

Hidayat Adhiningrat P.
22-09-2016 01:45