Main Menu

Pengumuman Pasangan Calon Lawan Ahok Belum Tentu di Cikeas

Hidayat Adhiningrat P.
22-09-2016 11:08

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (Gatra/Ardi Widi Yansah)

Jakarta, GATRAnews - Seusai rapat konsolidasi yang terdiri dari Partai Demokrat, PAN, PKB, dan PPP dilakukan di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor (22/9) dini hari, para pimpinan partai yang hadir mengatakan akan mengumumkan nama pasangan kepala daerah yang diusung di pilkada DKI 2017 siang ini. 

 

Masalahnya dimana diumumkan?  "Nanti jam 12 di Cikeas," kata Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari saat dihubungi, Kamis (22/9). Pernyataan Imelda ini senada dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

 

Menurut Zulkifli Hasan,  rencananya keputusan akan difinalisasi di Kediaman Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor. "Itu akan disampaikan namanya di sini, jam 12 siang," kata Zulkifli Hasan di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016) dini hari.

 

Namun, sepertinya rapat koalisi ini belum memutuskan secara pasti perihal tersebut. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang biasa disapa Cak Imin yang berdiri di samping Zulkifli saat konperensi pers mengatakan, keputusan poros alternatif ini belum pasti akan diumumkan di kediaman Presiden ke-6 Indonesia itu.

 

Menurut dia, pengumuman bisa saja dilakukan oleh dewan pengurus daerah (DPD) masing-masing parpol. 

 

Dia menjelaskan, pemilihan gubernur diproses oleh pengurus tingkat daerah. "Ini bukan pilpres, ini pilgub jadi jangan salah paham. Di sini kami hanya follow up dari DPD kemudian didiskusikan malam ini dan besok finalisasi, proses pematangan itu dan dikembalikan ke DPD," jelas Cak Imin.

 

Menanggapi ucapan Cak Imin tersebut, Zulkifli terlihat manggut-manggut seraya berujar, "Iya, bisa juga seperti itu," sahutnya.

 

Senada dengan Cak Imin, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan pun mengatakan bahwa kemungkinan besar pengumuman dilakukan oleh pengurus partai di DKI Jakarta.

 

"Memang mekanismenya itu informasi dari bahan DPD/DPW dibahas di majelis tinggi kalau di Demokrat. Hasil dari pembahasan itu dikembalikan ke DPD, jadi yang akan mengumumkan nanti itu adalah DPD," kata Syarif.

 

Rapat yang berlangsung hingga dini hari ini memang masih menyisakan misteri. Bukan hanya tentang kepastian calon yang akan diusung melainkan juga mengenai tempat dan waktu pengumumannya. Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengatakan bahwa rapat yang dilakukan, berisi simulasi-simulasi dan perhitungan mengenai pasangan calon yang akan diusung.

 

"Siapa nomor satu siapa nomor dua. Nah opsi itu yang perlu kita konfirmasi ke kandidatnya yang ada di opsi itu. Kedua, kita perlu konfirmasi ke Partai Gerindra dan PKS yang memang kita harap bisa bersama-sama," katanya.


Reporter : Hidayat Adhiningrat P

Editor: Dani Hamdani 

Hidayat Adhiningrat P.
22-09-2016 11:08