Main Menu

Lima Fraksi DPR Kirim Perwakilan ke Pansus Angket KPK

Wem Fernandez
30-05-2017 19:21

Fahri Hamzah (GATRAnews/ Wem Fernandez/yus4)

Jakarta, GATRAnews - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fahri Hamzah menyebutkan, saat ini baru ada lima fraksi yang telah mengirimkan perwakilannya dalam Panitia Khusus (Pansus) Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Beberapa di antaranya menunggu keputusan DPP Partai.

 
“Jadi yang sudah mengirimkan dan ditayangkan itu lima yaitu PDIP, Golkar NasDem, Hanura dan PPP kemudian ada fraksi yang menyatakan menunggu keputusan DPP, ada fraksi yang menyatakan sementara tidak mengirim yaitu PKS dan Demokrat,” jelasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (30/5).

Sesuai dengan amanah UU MD3, seharusnya semua fraksi di DPR berkewajiban untuk mengirimkan perwakilannya duduk dalam Pansus Angket KPK tersebut. Dalam kerja Pansus inilah setiap perwakilan akan mempersoalkan apa yang menjadi permasalahan dalam Pansus.

“Jadi dalam UU MD3 dinyatakan seluruh anggota fraksi harus ada di dalam Pansus karena itu kewajiban. Setelah terbentuk, maka Pansus bekerja dan semua fraksi berkewajiban untuk mengirim anggotanya untuk bekerja.”

“Di dalam pansus akan mempersoalkan, apa yang dipersoalkan. Kalau tidak setuju kerangkanya diperbaiki kerangkanya, kalau tidak setuju arahnya diperbaiki arahnya, semua perdebatan,” tegas Fahri.

Jika dua fraksi (PKS-Demokrat) belum juga mengirimkan perwakilannya, maka Pansus KPK akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Fahri berharap, dalam rapat Pansus segera terbentuk pimpinan.

“Dalam pansus saya sendiri berharap mereka segera rapat memutuskan siapa yang menjadi pimpinan, kemudian Sekjen akan membentuk, Sekretariat Pansus yang akan mem-backup kerja mereka ke depan. Saya kira itu masa depan Pansus sendiri,” tutur Fahri.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
30-05-2017 19:21