Main Menu

Pilpres 2019, Fahri Hamzah; Jokowi Sudah Panaskan Mesin Projo

Wem Fernandez
08-09-2017 17:54

Politisi PKS Fahri Hamzah (GATRAnews/Wem Fernandez/HR02)

 

 

-Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah menilai, Presiden Joko Widodo sudah mulai memanaskan relawan militan pendukungnya, Pro Jokowi (Projo) untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), 2019 mendatang. 

 

Langkah ini bisa dilihat saat Jokowi menyampaikan pidato pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Projo beberapa waktu lalu. Jokowi secara tidak langsung menyampaikan keinginannya untuk maju. 

 

“Ini serem. Kenapa saya bilang serem, karena Pak Jokowi percaya betul kepada armada non partai. Jadi saya kira, Pak jokowi sudah mulai memanaskan mesin non partai,” jelasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, (8/9). 

 

Armada non partai pada umumnya memiliki peran vital dalam menentukan arah kemenangan calon disamping partai pendukung. Namun, sambung Fahri, terdapat juga ekses negatif dari dominasi mesin non partai. 

 

“Mesin non partai  juga punya efek buruk yaitu kompetisi ini akan menjadi liar, sebab ada banyak kelompok relawan yang tidak ada pertanggungjawabanya. Terutama di sosmed dan sebagainya. Situasi akan panas, tapi enggak tahu sumbernya dari mana,” tambah dia. 

 

Sementara untuk partai memiliki aturan yang jelas dalam berkompetisi. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRR RI) ini meminta Jokowi untuk tetap hati-hati dalam “memanaskan” Projo.  

 

“Jadi menurut saya perlu berhati-hati memanaskan mesin yang bisa-bisa punya efek yang tak terkendali, karena orang-orang ini banyak dan tidak teridentifikasi,” demikian Fahri. 


 

 

Reporter : Wem Fernandez  

Wem Fernandez
08-09-2017 17:54