Main Menu

Presiden Telah Terima Laporan Panglima TNI Dilarang Masuk AS

Ervan
23-10-2017 14:10

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (GATRA/Agriana Ali/HR02)

Jakarta, gatracom - Presiden Joko Widodo mengaku telah menerima laporan tentang masalah Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang sebelumnya ditolak masuk Amerika Serikat (AS). "Sabtu kemarin sebenarnya Panglima TNI menurut penjelasan yang saya konfirmasi sudah menginformasikan kepada Presiden. Tapi kan belum jelas persoalan seperti apa," kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi di Istana Negara, Jakarta, Senin (23/10).

Kemudian Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk menindaklanjuti kepada Kedutaan Besar Amerika Serikat. "Saya belum dapat informasi terakhir mungkin teman teman bisa menanyakan ke Menlu. Saya dengar dubes akan dipanggil untuk dimintai informasi itu," ucapnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat oleh Pemerintah AS. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mayjen Wuryanto, menyatakan hal tersebut Ahad petang kemarin. Saat itu rombongan Panglima TNI sudah siap berangkat. 

Apalagi, Panglima TNI bermaksud memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization pada 23-24 Oktober di Washington DC. Namun, ternyata Panglima TNI tidak mendapatkan visa sehingga ditolak berkunjung ke Amerika Serikat.


Reporter: Ervan Bayu
Editor: Nur Hidayat

 

Ervan
23-10-2017 14:10