Main Menu

Mesra di Pilkada, PDIP-Demokrat Koalisi di Pilpres 2019?

Wem Fernandez
08-01-2018 19:47

Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto (dok.DPR/yus4)

Jakarta, Gatra. com - Meski tercatat sebagai oposisi di level nasional, Partai Demokrat rupanya ‘mesra’ dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan pada tingkat daerah jelang Pilkada 2018 ini.

 

Kedekatan ini disebut-sebut sinyal positif bagi dua partai menjalin koalisi di Pilpres, 2019 mendatang.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menjawab diplomatis saat ditanya perihal kedekatan dengan PDI Perjuangan. Diketahui, Demokrat-PDIP ancang-ancang mengusung pasangan calon di Kalimantan Barat dan Jawa Tengah.

“Ini semuanya kan tentunya di dalam politik. Jadi segala kemungkinan, segala hal-hal yang terbaik tentunya bisa saja terjadi,” jelas dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, (8/1).

Demokrat juga bisa berbangga dengan hasil survei terhadap popularitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang setara dengan Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo, sebagai figur yang cocok jika disandingkan dengan Joko Widodo (Jokowi).

Bukan tidak mungkin dengan hasil ini, Demokrat dan PDI Perjuangan mulai ‘uji coba’ menjajaki kerjasama di tingkat daerah.

Namun menurut  Agus yang juga menjabat sebagai wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), terlalu dini jika kerjasama di tingkat Pilkada dijadikan tolak ukur untuk level nasional. Perlu keputusan bersama dari partai Demokrat.

“Kita tunggu perkembangannya. Yang jelas semuanya kan berjalan sesuai dengan waktu, berjalan sesuai juga dengan keinginan dari masing masing kita seluruhnya. Pak Jokowi mempunyai elektabilitas yang tinggi sebagai capres,  Pak AHY juga, namun semuanya ini belum menjadi suatu keputusan,” tegas dia.

Untuk diketahui, Partai Demokrat akhirnya resmi mengumumkan Ganjar Pranowo-Taj Yasin sebagai cagub dan cawagub yang diusung di Pilgub Jateng 2018. Dukungan Demokrat ini menyusul PDIP dan NasDem yang sudah memberikan dukungan sebelumnya.

Tak berhenti di Jateng, di Pilkada Kalimantan Barat, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini juga seirama dengan PDI Perjuangan. Demokrat mengusung kader PDI Perjuangan, Karolin Margret Natasa menjadi calon gubernur didampingi cawagub Suryadman Gidot yang merupakan ketua Partai Demokrat Kalimantan Barat.


 

Reporter : Wem Fernandez

Editor : Mukhlison

Wem Fernandez
08-01-2018 19:47