Main Menu

Fadli Zon; Masih Jauh Bicara Pendamping Prabowo di Pilpres

Wem Fernandez
01-02-2018 14:03

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (GATRA/Wem Fernandez/FT02)

Jakarta, Gatra. com - Konstelasi politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 semakin menghangat. Meski masih jauh, publik sudah menduga-duga siapa bakal calon Presiden atau wakil Presiden yang akan berlaga dalam Pilpres tersebut. 

 

Dua nama capres yang kuat diprediksi untuk maju adalah petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Beberapa lembaga survei pun mulai memperkirakan sosok yang bakal mendampingi Jokowi atau Prabowo, mulai dari Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo, Agus Herimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Zulkifli Hasan hingga Basuki Tjahja Purnama. 

 

Gerindra, sebagai motor utama dalam mengusung nama Prabowo, juga tidak ingin berspekulasi terlalu jauh sosok yang mendampingi Prabowo. Penjajakan, komunikasi serta konsolidasi masih dilakukan untuk menyaring nama tersebut. 

 

“Ya, masih lama kan. Namanya masih menjajaki, membicarakan. Pasti pembicaraan ini akan hangat pas bulan April, Mei, Juni, gitu. Tunggu saja,” kata Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon saat dimintai komentar terkait nama yang akan mendampingi Prabowo, Kamis, (1/2). 

 

Fadli juga masih ‘malu-malu’ soal latar belakang calon yang tepat untuk mendampingi Prabowo. Menurut dia, yang paling penting adalah konsolidasi partai yang bisa melengkapri syarat dari Undang-Undang (UU) yakni mencapai Presidential Threshold 20%. 

 

“Kemudian kriteria lain saling menunjang, bisa bekerja sama, chemistry-nya sama, kira-kira yang lain begitu lah,” singkat dia. 

 

Terpisah, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebutkan, sejauh ini komunikasi dengan Gerindra atau Prabowo sudah dilakukan. Tetapi, pembicaraanya tidak menyangkut kandidat di Pilpres, 2019. 

 

“Kita komunikasi, (tapi) enggak soal Pilpres,” singkat dia. Pun jika ada yang meminang salah satu kader PAN sebagai Cawapres, sangat diapresiasi oleh Zulkifli. 


 

Reporter : Wem Fernandez  

Editor : Bernadetta Febriana

Wem Fernandez
01-02-2018 14:03