Main Menu

AHY Cawapres Berlatar Belakang Militer Paling Populer

Bernadetta Febriana
02-02-2018 18:17

Agus Harymurti Yudhoyono(GATRA/Abdurachman/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Agus Harimurti Yudhoyono atau yang sering disapa AHY, ternyata menjadi calon kuat cawapres berlatar belakang militer untuk berlaga dalam Pilpres 2019 nanti. Hal tersebut mengemuka dalam hasil survey yang dilakukan oleh Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis Jumat (02/02) ini.

 

AHY jauh mengalahkan 2 seniornya, mantan Panglima TNI Jend Gatot Nurmantyo dan Jend Moeldoko dalam hal kepopuleran atau pengenalan responden terhadap para tokoh berlatar belakang militer. 

 

Mantan calon Gubernur DKI Jakarta itu mendapatkan suara sebanyak 71.2 %. Sementara, Gatot Nurmantyo dengan popularitas sebesar 56.5 % dan Moeldoko dengan popularitas 18.0%. 

 

Meskipun popularitas Moeldoko masih rendah, dimana sebanyak 80,4% tidak mengenalnya, namun masuknya Moeldoko dalam kabinet Jokowi membuka peluang memainkan langkah gambit. Apalagi posisi Moeldoko cukup mentereng di kabinet Jokowi, yakni sebagai Kepala Staf Presiden (KSP). 

 

Namun, AHY punya keuntungan lebih karena partai Demokrat sudah pasti memberi dukungan penuh untuk meroketkan namanya. Apalagi kapasitasnya sebagai Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, membuatnya berkesempatan untuk berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia. Berbeda dengan Gatot Nurmantyo yang sampai saat ini belum memiliki mesin politik untuk membuat namanya terus beredar di masyarakat. 


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
02-02-2018 18:17