Main Menu

Jokowi Dan Tiga Isu Sensitif Yang Bisa Menggoyangnya

Bernadetta Febriana
02-02-2018 19:39

 Jakarta, Gatra.com - Elektabilitas Presiden Joko Widodo masih cukup tinggi bila dibandingkan dengan beberapa nama capres lain yang diperkirakan akan berlaga di Pilpres 2019 mendatang. Namun ada beberapa isu sensitif yang bisa menjadi batu sandungan bagi Jokowi sehingga posisinya bisa goyah.

 

Saat ini elektabilitas Jokowi masih tertinggi  dibanding semua capres yang disimulasikan. Bahkan total dukungan semua capres diluar Jokowi jika digabung (41.20 %) masih dibawah Jokowi (48.50%). Demikian hasil survey yang dilakukan oleh Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis Jumat (02/02).

 

Kepuasan terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden diatas 70 %. Sementara ada 21.30 % publik yang menyatakan kurang puas.

 

Dua variabel di atas membuat Jokowi kuat. Namun tiga variabel di bawah ini membuatnya belum aman.

 

Dalam jumlah besar, publik tak puas dengan kondisi ekonomi. Masalahnya, isu ekonomi adalah isu terpenting yang membuat pertahana terpilih atau dikalahkan.

 

Sebesar 52.6 % responden menyatakan harga-harga kebutuhan pokok makin memberatkan mereka. Sebesar 54.0 % menyatakan lapangan kerja sulit didapatkan. Dan sebesar 48.4 % responden menyatakan pengangguran semakin meningkat.

 

Jokowi rentan pula terhadap isu primordial. Kekuatan dan isu Islam politik diprediksikan akan mewarnai Pilpres 2019 seperti yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta, dalam kadar berbeda.

 

Untuk pemilih Indonesia, jumlah segmen Islam Politik cukup besar. Sebesar 40.7 % publik menyatakan tidak setuju agama dan politik dipisahkan. Sementara 32.5 % publik menyatakan agama dan politik harus dipisahkan.

 

Masalah sensitif yang ketiga adalah isu tenaga kerja yang berasal dari Cina. Di tengah sulitnya lapangan kerja dan tingginya pengangguran di berbagai daerah, isu tenaga kerja asing sangat sensitif.

 

Isu ini secara nasional memang belum populer karena belum banyak publik tahu. Survei menunjukan baru 38.9 % pemilih mendengar isu ini. 

 

Dari mereka yang mendengar,  58.3 % menyatakan sangat tidak suka dengan isu itu. Hanya 13.5 % yang menyatakan suka.

 

Tiga isu ini akan menjadi tiga isu kunci yang menentukan kemenangan Jokowi dalam pilpres nanti. Jokowi akan makin kuat dan perkasa jika tiga isu ini dikelola dengan baik. Dan sebaliknya Jokowi akan melemah jika tiga isu ini terabaikan. Apalagi jika tiga isu itu digoreng, bulak balik, oleh lawan politik.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
02-02-2018 19:39