Main Menu

Enam Negara Pasifik Sepakat Tidak Ganggu Indonesia Lagi

Abdul Rozak
07-02-2018 12:12

Menko Polhukam Wiranto bersama Presiden Republik Nauru, Y. M. Baron Divavesi Waqa. (Dok. Kemenko Polhukam/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Enam negara di kawasan Asia Pasifik menegaskan sepakat untuk tidak akan mencampuri urusan dalam negeri atau internal Indonesia. Termasuk soal Papua dan Papua Barat. Enam negara ini mendukung kedaulatan Indonesia sepenuhnya. Sebelumnya, negara seperti Nauru, Tuvalu, Vanuatu dan negeri gurem lainnya di Pasifik mendukung jajak pendapat untuk Papua dan Papua Barat.

 

"Enam negara Asia Pasifik ini mendukung kedaulatan Indonesia sepenuhnya dan tidak mencampuri urusan dalam negeri Indonesia, termasuk Papua" kata Wiranto dalam Raker Gubernur dalam Penanganan Radikalisme, Terorisme dan Bencana di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (7/2).

Informasi pembangunan Papua dan Papua selama ini tidak sampai ke negara-negara Asia Pasifik ini. Hal tersebut menjadi akar kesalahpahaman negara Asia Pasifik dalam memandang dua provinsi ini. Kebijakan luar negeri Indonesia terhadap negara-negara Asia Pasifik, kata Wiranto, telah berubah. Indonesia akan lebih aktif berkomunikasi dengan Nauru, Tuvalu dan lainnya. 

 

"Informasi pemerintah membangun Papua tidak sampai ke mereka, di mata mereka itu Indonesia tidak mau memodernkan Papua, banyak pelanggaran HAM, tidak maju," tutup Wiranto. 


Reporter: Abdul Rozak

Abdul Rozak
07-02-2018 12:12