Main Menu

Ini Nama Politikus PDI-P dan Gerindra Yang Berpeluang Jadi Pimpinan MPR

Wem Fernandez
08-02-2018 16:18

Politisi PDI Perjuangan Ahmad Basarah(GATRA/Jongki Handianto/FT02)

Jakarta, Gatra. com - Nama politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ahmad Basarah digadang-gadang menjadi calon kuat salah satu pimpinan MPR. “Kalau MPR yang paling berpeluanglah (Basarah),” tegas Wakil Ketua Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno saat dihubungi wartawan, Kamis, (8/2). 

 

Modal Basarah adalah jabatannya menjadi ketua badan sosialisasi MPR Namun, menurut Hendrawan, keputusan tersebut berada ditangan Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri. "Tapi semua kewenangan ketua umum. Ranah ketua umum," ia menegaskan.

 

Sebelumnya Baleg DPR bersama dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly telah merampungkan pembahasan soal penambahan jumlah kursi pimpinan DPR dan MPR. Setelah melalui pembahasan yang alot, Pemerintah pun menyetujui usulan penambahan satu pimpinan di DPR dan tiga untuk MPR. 

 

Penambahan tiga kursi pimpinan MPR ini disetujui oleh delapan fraksi yakni PDIP, Golkar, PAN, PKS, PKB, Gerindra, Demokrat dan Hanura. Sementara Fraksi Partai NasDem dan PPP menolaknya. Adapun tambahan tiga kursi MPR langsung diberikan kepada partai pemenang pemilu legislatif yakni PDI-P. 

 

Selain itu tambahan kursi pimpinan diberikan kepada dua partai berdasarkan perolehan suara masuk dalam tujuh besar. Dua partai ini belum mendapat kursi Pimpinan MPR yakni Gerindra dan PKB.

 

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menambahkan, salah satu kader yang kuat dalam posisi pimpinan MPR adalah Ahmad Muzani, yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra. 

 

Sama seperti PDI-P, keputusan soal ini juga berada ditangan Ketua Umum Prabowo Subianto. “Nanti kita serahkan kepada Ketua Umum Pak Prabowo, tapi kemungkinan besar yang akan kita ajukan Pak muzani ya. Tapi nanti keputusan final di Pak Prabowo,” singkat dia. 

  


Reporter : Wem Fernandez  

Editor : Birny Birdieni

Wem Fernandez
08-02-2018 16:18