Main Menu

Muslimat NU: Cak Imin Figur Nasionalis Religius

Ervan
19-02-2018 09:38

Ketua umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Dok. DPP PKB/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Dukungan untuk Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A Muhaimin Iskandar terus berdatangan dari berbagai unsur baik eksternal ataupun internal Nahdlatul Ulama. Sekitar 1.000 orang Nahdliyyin (sebutan untuk warga NU) yang tergabung dalam warga Muslimat NU menyatakan dukungan mereka terhadap sosok yang akrab disapa Cak Imin itu.

Deklarasi berlangsung di Aula Kantor Muslimat NU Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Minggu (18/2). Menurut Koordinator Deklarasi Nyai H Muzayyanah, deklarasi ini merupakan bentuk komitmen para Muslimat NU di Kabupaten Malang agar Indonesia memiliki pemimpin yang nasionalis dan religius. Pribadi Cak Imin dianggap representatif tokoh NU yang nasionalis dan religius.

"Kami merasa Cak Imin sudah teruji dan tepat mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (19/2).

Hadir dalam deklarasi tersebut anggota DPR RI dari F-PKB daerah pemilihan Malang Raya, Lathifah Shohib. Dia menambahkan, keinginan konstituennya di Malang Raya akan dikawal dan disampaikan ke DPP-PKB. Hingga saat ini, pihaknya memang belum menentukan sikap apapun. Kendati demikian berbagai aspirasi akan dipertimbangkan dengan baik. "Apalagi Cak Imin merupakan kader terbaik NU," lanjut dia. 

Sebelumnya secara terpisah, kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu, Cak Imin mengapresiasi dukungan untuk dirinya maju Pilpres 2019. Dukungan tersebut datang dari berbagai daerah baik di Jawa dan luar Jawa. Namun dirinya mengaku masih terus berkonsultasi dengan para kiai NU. 

Selain itu, kata dia, berbagai aspirasi tersebut akan dibahas pada Musyawarah Pimpinan Nasional PKB tahun depan. 

"Sesuai mekanisme partai, aspirasi ini akan dibahas di forum Muspimnas (Musyawarah Pimpinan Nasional) PKB. Dan akan diputuskan awal Juni 2019," ucapnya.

 


Reporter: Ervan Bayu

Editor    : Cavin R. Manuputty

 

 

Ervan
19-02-2018 09:38