Main Menu

Partai Victory Membidik Menang Pilpres dan Pileg

Rohmat Haryadi
22-02-2018 07:37

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengambil nomor undian partai di Kantor KPU(GATRA/Adi Wijaya/re1)

Jakarta, Gatra.com -- Ketua umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengikuti secara langsung pengundian nomer partai di Kantor Komisi Pemilihan Umum, jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Ahad lalu. Mengenakan safari lengan panjang warna putih, dan celana krem, Prabowo nampak puas setelah partainya mendapat nomer "punggung" dua. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyambut baik nomor dua sebagai angka partai politiknya dalam Pemilu 2019. Nomor dua dilambangkan dengan dua jari membentuk huruf V, victory, kemenangan. "V for victory," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.


Pada periode 2009-2014, Partai Gerindra berada di luar kabinet pemerintahan pusat bersama Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan dan Partai Hanura. Pada Pemilu 2014, partai Gerindra mendapatkan 73 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Partai Gerindra mengusung Prabowo Subianto selaku Ketua Dewan Pembina sebagai calon presiden. Pada periode 2014-2019, Partai Gerindra kembali berada di luar kabinet pemerintahan pusat bersama .

Berdasarkan dokumen Manifesto Partai Gerindra, jati diri Partai GERINDRA adalah:

Kebangsaan = Partai Gerindra adalah partai yang berwawasan kebangsaan yang berpegang teguh pada karakter nasionalisme yang kuat, tangguh, dan mandiri. Wawasan kebangsaan ini menjadi jiwa dalam mewujudkan segala aspek kehidupan bernegara yang sejahtera, jaya dan sentosa .

Kerakyatan = Partai Gerindra adalah partai yang dibentuk dari, oleh, dan untuk rakyat sebagai pemilik kedaulatan yang sah atas Republik Indonesia. Keberpihakan pada kepentingan rakyat merupakan sebuah keniscayaan dalam arti semua pihak yakin untuk mewujudkan secara optimal hak-hak seluruh rakyat dalam segala aspek kehidupannya utamanya di bidang kehidupan politiknya terlebih lagi kehidupan kegiatan ekonominya.

Religius = Partai Gerindra adalah partai yang memegang teguh nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kebebasan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing. Nilai-nilai religius senantiasa menjadi landasan bagi setiap jajaran pengurus, anggota, dan kader Partai Gerindra dalam bersikap dan bertindak.

Keadilan Sosial = Partai Gerindra adalah partai yang mencita-citakan suatu tatanan masyarakat yang berkeadilan sosial, yakni masyarakat yang adil secara ekonomi, politik, hukum, pendidikan, dan kesetaraan gender. Keadilan sosial harus didasari atas persamaan hak, pemerataan, dan penghargaan terhadap hak asasi manusia.

Partai Gerindra menempati 26 kursi (4.64%) di DPR RI hasil Pemilihan Umum Anggota DPR 2009, setelah meraih 4.646.406 suara (4,5%). Pencapaian Pemilu Legislatif 2014 Pada Pemilihan Umum Legislatif 2014, partai Gerindra berhasil menjadi partai politik ketiga terbesar di Indonesia dan menempati 73 kursi di DPR RI setelah meraih 14.760.371 suara (11,81%).

Pada Pemilu 2019 yang digelar bareng Pileg dan Pilpres, Gerindra mematok dua sukses. Yaitu memenangi Pilpres dan Pileg. artai Gerindra menargetkan posisi pertama pada Pemilu Legislatif 2019. "kami menargetkan kami menang pilpres dan legislatif. Kami merasa memiliki kesiapan yang jauh lebih siap dan pengalaman yang jauh lebih baik," kata Ahmad Muzani, Sekjen Gerindra.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
22-02-2018 07:37