Main Menu

PKB : Gaet Cak Imin di Pilpres, Jokowi Terima Keuntungan Ini

Wem Fernandez
21-02-2018 17:46

Ketua DPP PKB Lukman Edy. (Dok. GATRA/Abdul Malik MSN/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra. com - Nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar disebut sebagai salah satu calon kuat yang bakal mendampingi petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 mendatang. Ada keuntungan yang diperoleh Jokowi jika menggaet politisi yang akrab dipanggil Cak Imin tersebut. 

 

“Misalnya, calon presiden (Capres) nasionalis maka rekruitmen terhadap wakil presiden (wapres) yang merepresentasikan umat islam itu jauh lebih baik. Ini kan dalam rangka untuk mengisi kondisi bangsa yang di tengah-tenganh maraknya populisme islam,” jelas Ketua DPP PKB Lukman Edy sat dihubungi wartawan, Rabu (21/2). 

 

Alhasil, sambung Lukman, representasi umat islam dalam menjawab tantangan tersebut ada pada Cak Imin. Selain itu, figur Cak Imin juga bisa menjaga agar bangsa tidak terjebak pada kondisi sektarianisme. 

 

“Untuk menyelamatkan bangsa supaya tidak terjebak pada sektarianisme tidak terjebak pada aliran, maka tokoh yang moderat itu lebih menguntungkan bagi bangsa. Cak Imin mewakili hal ini, mewakili kalangan anak muda,” terang Lukman yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini. 

 

Soal nama atau figur lain yang juga berasal dari partai islam semisal Rhomamurzy (Romi) Ketua Umum PPP, atau Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN, bagi Lukman tinggal melihat elektabilitasnya saja. Pun kalau memungkinkan, ketiga figur ini bisa duduk bersama. 

 

“Kita sangat terbuka, PKB. Selama ini komunikasi Cak Imin dengan Pak Zulhas (Zulkifli) dan Romi juga demikian. Bertiga ini sudah sering berkumpul dan sudah ada istilahnya poros tiga sumbu, begitu katanya,” terang dia. 


 

Reporter : Wem Fernandez  

Editor : Birny Birdieni

Wem Fernandez
21-02-2018 17:46