Main Menu

Demokrat Akan Calonkan Capres Sendiri

Bernadetta Febriana
11-03-2018 06:02

 Susilo Bambang Yudhoyono (Antara/Destyan Sujarwoko/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat berharap pemerintahan Joko Widodo mampu menciptakan Pemilu 2019  yang jujur, adil dan demokratis. Hal tersebut disampaikan SBY saat pembukaan  Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada 10-11 Maret 2018 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. 

 

Rapimnas yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo tersebut mengambil tema "Demokrat Siap 2019" tersebut dihadiri puluhan ribu kader Partai Demokrat dari berbagai daerah. Selain SBY Rapimnas tersebut dihadiri oleh Ani Yudhoyono, Ketua Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Fraksi Demokrat Eddie Baskoro Yudhoyono,  serta Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan. Selain itu juga tampak hadir Wapres RI ke-11 Budiono dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. 

 

"Secara khusus saya menyampaikan terimakasih pada Bapak Presiden yang bersedia hadir sekaligus memberikan kata sambutan pada Rapimnas Partai Demokrat kali ini," ujar SBY dalam sambutannya. 

 

SBY juga menyampaikan harapan dan dorongannya kepada  Jokowi agar dapat menggenjot perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Di samping itu Demokrat berharap  Jokowi dapat mendorong terciptanya proses demokrasi yang netral, jujur dan adil. 

 

"Agar Pemilu berjalan secara jujur, adil dan demokratis. Bapak Presiden tentu yang paling mengemban tanggungjawab atas jujur, adil dan demokratisnya Pemilu di bumi Indonesia ini," kata SBY.

 

Selain itu terang SBY Partai Demokrat juga tidak menutup kemungkinan untuk berada di koalisi Pemerintahan bila hal tersebut untuk kepentingan bangsa dan negara. "Sangat bisa Partai Demokrat bisa berjuang bersama Bapak (Presiden), dalam bentuk koalisi atau aliansi, jika kerangka kebersamaannya terbangun", tukas Presiden RI ke-6 itu. 

 

Dalam orasinya SBY menyebutkan Partai Demokrat siap bertarung dalam kontestasi Pilpres dan Pileg 2019. Rapimnas Demokrat kali ini sebagaimana diketahui akan membahas poin-poin krusial termasuk strategi dan konsep pemenangan Partai Demokrat pada 2019.

 

SBY menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya elektabilitas Demokrat pada Pemilu 2014 lalu, salah satunya karena Demokrat tidak mengusung capres sendiri. "Insyaallah Demokrat akan mengusung capres dan cawapres yang paling tepat," tegas SBY.


reporter : Andhika Dinata

editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
11-03-2018 06:02