Main Menu

Jokowi : Saya Heran Disebut Otoriter

Bernadetta Febriana
10-03-2018 15:46

Presiden Joko Widodo di Rapimnas Demokrat, (10/3). (GATRA/Andhika Dinata/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo menghadiri sekaligus membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat Sabtu (10/3). Presiden Jokowi didampingi oleh Menkopolhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumulo, Staf Khusus Presiden Teten Masduki dan Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmuddin. 

 

Dalam kata sambutan yang dihadiri puluhan ribu kader Demokrat itu, Jokowi sempat mengeluarkan celetukan terhadap persepsi otoriter yang sering dilekatkan kepadanya. "Disampaikan bahwa saya adalah pemimpin yang otoriter, ya saya heran saja kenapa saya dibilang otoriter, saya tidak ada potongan sama sekali," ucap Jokowi dengan senyum lebar. 

 

Menurutnya kritik otoriter yang ditujukan kepadanya tidak tepat. Celetukan itu disampaikan Jokowi pada awal orasinya di hadapan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan fungsionaris partai. "Penampilan saya juga enggak sangar. Kemana-mana saya selalu tersenyum".

 

Bahkan, Presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyebutkan bahwa dirinya sebagai Demokrat tulen. "Saya ini seorang Demokrat. Ciri-ciri seorang Demokrat itu kan bisa menjadi pendengar yang baik". 

 

Jokowi menyambung karakter seorang Demokrat adalah menghargai pendapat dan pandangan orang lain serta menghargai perbedaan dan keberagaman. "Jadi saya dengan Pak SBY itu beda-beda tipis, saya Demokrat, pak SBY Ketua Umum Partai Demokrat," ujarnya. 

 


Reporter : Andhika Dinata

Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
10-03-2018 15:46