Main Menu

Gaet Milenial, Tim Cyber PKS Jogja Rekrut Mahasiswa dan Anak SMA

Mukhlison Sri Widodo
11-04-2018 17:16

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Yogyakarta. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Yogyakarta, Gatra.com - Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Yogyakarta membentuk tim cyber untuk menggaet suara kaum milenial.


Beranggota 350 pemuda dan mahasiswa, tim ini akan diluncurkan pada perayaan Milad ke-20 PKS pada 29 April.

Ketua DPD PKS Kota Yogyakarta Muhammad Syafi’i menjelaskan tugas utama tim cyber ini menginformasikan berbagai kegiatan partai melalui berbagai sosial media.

“Kalangan muda sebagai pemilih pemula yang berjumlah 40 persen dari total pemilih di pemilu mendatang menjadi target potensial untuk disasar suaranya oleh semua partai politik. Demikian juga partai kami,” kata dia di kantor pemenangan PKS di Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (11/4).

Bukan hanya sebagai penyebar informasi, tim cyber ini juga sebagai penjaring aspirasi anak muda dalam berbagai masalah bangsa.

Menurut Syafi’i, data dari aspirasi mereka akan menjadi dasar kegiatan kampanye PKS untuk menjaring suara.

Selain beranggota mahasiswa, tim cyber ini nanti juga berisi pemilih pemula yang duduk di bangku sekolah menengah.

“Kami sadar, mereka adalah generasi ‘jaman now’ yang sudah melek informasi, terutama kondisi politik nasional. Namun kami sangat berharap berbagai info yang masuk ke kami berkaitan dengan apa yang dekat dengan mereka,” lanjutnya.

Syafii mencontohkan, salah satu aspirasi dan tanggapan mereka tentang aksi kejahatan jalanan yang marak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Apapun pendapat dan sudut pandang mereka, menurut PKS, akan menjadi modal melakukan pendekatan ke kalangan muda.

Syafi’i menyatakan semua keputusan diserahkan ke pengurus pusat dan daerah siap mendukung, termasuk kinerja tim cyber dalam dukungan ke capres.

“Harapan besar kami, siapapun yang nanti dicalonkan sebagai Presiden memiliki kedekatan dengan daerah. Ini sama seperti yang dilakukan PKS dalam pilkada di Jawa Timur,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemenangan Pemilu PKS Kota Yogyakarta Nurcahyo Nugroho mengatakan menyambut milad partainya ke-20, PKS Kota Yogyakarta mengelar berbagai acara seperti seminar tentang pendidikan politik kepada pemilih pemula, acara peringatan Hari Kartini, dan senam massal.

“Dijadwalkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan menyampaikan orasi kebangsaan tentang kondisi politik Indonesia sekarang,” ujarnya.

Sebagai gerakan menyambut milad, pada Minggu (15/4), seluruh kader PKS Kota Yogyakarta akan menggelar grebeg di delapan pasar tradisional yang diisi dengan gerakan belanja tanpa menawar.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
11-04-2018 17:16