Main Menu

Waketum Gerindra : Hubungan Dengan PKS Sudah Teruji

Abdul Rozak
23-04-2018 11:18

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono. (Dok. IG/@ferry.juliantono/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Partai Gerindra dipastikan kembali berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di pemilu presiden 2019. Koalisi ini lagi-lagi mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019.

 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Julianto mengatakan koalisi Gerindra dan PKS tidak perlu diragukan lagi. Koalisi ini pun tidak memerlukan perjanjian tertulis atau sejenis nota kesepahaman (MoU).

"Hubungan Gerindra dan PKS ini sudah melampaui perjanjian tertulis, mohon maaf banyak dari pengalaman kami (perjanjian tertulis) tercederai. Saya tak sebut siapa orangnya dan partai apa," kata Ferry di Jakarta, Senin (23/4).

Ferry tak menyebut gamblang partai yang dimaksud. Namun, memang pernah ada sejarah perjanjian antara PDI Perjuangan dengan Gerindra terkait pilpres 2014 yang dikenal dengan Perjanjian Batu Tulis. Perjanjian itu ditandatangani Ketua Umun PDIP Megawati Soekrnoputri dan Prabowo Subianto pada 7 Mei 2009.

Perjanjian berisi poin kesepakatan antara PDIP dan Gerindra, salah satunya dukungan PDIP kepada Prabowo maju di pilpres 2014. Namun pada pilpres 2014, PDIP mengusung Joko Widodo (Jokowi).

"Hubungan Gerindra dan PKS melampaui perjanjian perjanjian yang sifatnya tertulis seperti itu, pokoknya sudah teruji," pungkas anggota Komisi III DPR RI ini.

Meski begitu, belakangan kabar menyebut ada perjanjian tertulis antara Gerindra dengan PKS. Presiden PKS Sohibul Iman mengharuskan cawapres Prabowo berasal dari PKS bila ingin koalisi dengan Gerindra terjadi.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
23-04-2018 11:18