Main Menu

Awal Juni, Prabowo Tentukan Cawapres

Mukhlison Sri Widodo
28-05-2018 21:38

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.(GATRA/Arif Koes/re1)

Yogyakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra menyatakan pengusungan Ketua Umum partai tersebut, Prabowo Subiyanto, menjadi calon presiden (capres)  sebagai sesuatu yang final dan tidak bisa diganggu gugat. 

 

Awal Juni ini, Prabowo pun akan menentukan calon wakil presidennya.

“Kami dari Gerindra sesuai rapat pimpinan nasional (rapimnas) memutuskan Prabowo sebagai capres 2019. Ini adalah keputusan final dan tidak ada opsi lain,” kata dia di Yogyakarta, Senin (28/5).

Fadli menganggap munculnya nama lain yang disebut sebagai pengganti Prabowo adalah isu belaka. Fadli menyebut kabar itu tidak benar dan menjadi isu daur ulang dari lawan politik.

Menurut dia, munculnya sejumlah nama capres ini malah membuat kader Gerindra menguatkan barisan untuk mengusung Prabowo. 

Rencananya, usai melakukan ibadah umrah pada 1-2 Juni, Prabowo dijadwalkan duduk bersama dengan petinggi partai koalisi untuk mengatur strategi.

“Salah satu agendanya adalah menentukan nama yang tepat menjadi calon wakil presiden mendampingi beliau,” katanya.

Kedatangan Fadli ke Yogyakarta terkait perannya sebagai Ketua Tim Pemantau Pelaksanaan Otonomi Khusus Keistimewaan Daerah Istimewa (DI)  Yogyakarta, Aceh dan Papua. 

Fadli meminta masyarakat tidak panik atas rencana suksesi raja keraton Yogyakarta.

Ia juga meminta masyarakat untuk berpegang pada UU Keistimewaan nomor 13 tahun 2012, dan  meminta masyarakat mencermati aturan tersebut secara spesifik.

Jika memang tidak sesuai kehendak rakyat, Fadli berkata, akan muncul reaksi dari masyarakat. Hal itu tentu akan dikaji bersama oleh pemangku kepentingan.

“Saat ini DPR hanya bisa memantau apakah pelaksanaan sesuai aturan. Ke depan kami akan lihat secara menyeluruh dan akan melakukan kajian,” ujarnya.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
28-05-2018 21:38