Main Menu

Ahok: Persiapan Asian Games 2018 Masih Nol Persen

Arif Prasetyo
26-08-2015 13:07

Jakarta, GATRAnews - Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menuturkan persiapan Jakarta untuk menggelar Asian Games 2018 masih 0% (nol persen). Hanya Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang siap digunakan bagi pesta olahraga bangsa-bangsa di Benua Asia itu.


"Belum, kita belum (siap) apa-apa. Hanya GBK," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/8) pagi.

DKI Jakarta baru akan melakukan groundbreaking Kampung Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, di bulan September mendatang. Jakarta Propertindo, BUMD milik DKI Jakarta, ditunjuk untuk melakukan pembangunan Kampung Atlet tersebut.

Sementara itu, Ahok menuturkan akan mempecepat pembangunan Light Rail Transit (LRT). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kemudian akan merevitalisasi transportasi massal lainnya yakni Bus Rapid Transit (BRT).

"(Nol persen) iya, tapi kita bulan depan mulai groundreaking untuk kampung atlet, kita harapkan bisa pada bulan September," pungkas mantan politisi Partai Gerindra ini.

Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sylviana Murni mengataka, DKI bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) terus mematangkan persiapan Asian Games 2018. Hal pokok yang wajib difokuskan adalah sarana serta prasarana infrastruktur.

"Pesan Pak Presiden, kita harus concern siapkan sarana dan prasarana infrastruktur," kata Sylviana Murni, Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI usai menggelar rapat bersama KOI di Balai Kota, Selasa  (25/8).

Sylviana menjelaskan, selain DKI, provinsi lain seperti Sumatera Selatan, Jawa Barat‎ serta Banten juga menyiapkan sarana prasarana infrastruktur di masing-masing daerahnya.

Sylviana menuturkan, ‎sebelum perhelatan Asian Games 2018 dimulai, pada Januari 2017 nanti akan diselenggarakan ASEAN Youth Games yang digelar sebagai tes even persiapan Asian Games.

Untuk Asian Games, ‎DKI antara lain mempersiapkan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), GOR Veldrome Rawamangun, GOR Britama Kelapa Gading, Ancol dan Pulo Mas.{jcomments on}


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
26-08-2015 13:07