Main Menu

Ahok Tiru Saudi Larang Potong Kurban Sembarangan

Abdul Rozak
08-09-2015 16:14

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (GATRA/Averos Lubis)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan larangan pemotongan hewan kurban di sekolah saat Idul Adha. Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengeluarkan Instruksi Gubenur (Ingub) Nomor 168 Tahun 2015 tentang Pengendalian, Penampungan dan Pemotongan Hewan.


Ahok mengeluarkan seribu alasan terkait larangan tersebut. Selain pertimbangan psikologis anak dan kesehatan, pelarangan itu meniru kebijakan yang diterapkan di Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya.

“Saya bilang kan, kalau kita sholat kemana? Ka’bah toh? Pertanyaan saya di Mekah di Arab Saudi potong hewan itu semabarangan atau di RPH (rumah pemotongan hewan)? Di RPH kan. Makanya kalau kiblatnya Ka’bah ya ke Ka’bah. Potong hewan juga kiblatnya ke sana,” ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (8/9).

Ahok menambahkan, potong hewan kurban di tempat terbuka (lapangan, jalan, dan sekolah) hanya dilakukan di negara-negara miskin Afrika. Di negara tersebut, pemerintah tidak menyediakan RPH yang layak atau tidak ada sama sekali.

“Kalau di Afrika, negara-negara yang miskin potong hewan di mana saja. Kita kan ada RPH,” sambung mantan Bupati Belitung Timur ini.

Ahok menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan RPH Cakung dan Pulogadung untuk pemotongan hewan kurban. Pemotongan di kedua RPH ini dijamin aman, sehat dan sesuai dengan syariat Islam.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
08-09-2015 16:14