Main Menu

Investasi Awal LRT Capai Rp 23,8 Triliun dari Adhi Karya

Januar
08-09-2015 21:03

Light Rail Transit (GATRAnews/Adi Wijaya)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo akan meresmikan pembangunan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) pada Rabu (9/9) di Taman Mini Indonesia Indah. Kereta api ini merupakan yang pertama kali dibuat di Indonesia.

 

Pemerintah menunjuk PT Adhi Karya sebagai penanggung jawab proyek tersebut. Adhi Karya akan membangun fasilitas prasarana proyek yang diperkirakan mulai beroperasi 2018 mendatang.

 

Untuk membangun Proyek tersebut, Adhi Karya menggelontorkan dana hingga Rp 23,817 triliun. Dana tersebut untuk membangun dua rute yaitu Cibubur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 24,2 kilometer dan rute Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 17,9 km.

 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengatakan meskipun awalnya dana ditanggung Adhi Karya terlebih dahulu, ternyata akan diganti pemerintah usai proyek tersebut rampung.

 

"Gantinya tidak sekaligus takutnya memberatkan APBN. Mana proyek yang sudah selesai nanti dibayar pemerintah," kata Hermanto saat dijumpai di kantornya, Selasa (8/9).

 

Ia menjelaskan memang rencana awal proyek LRT ini tanpa campur tangan pemerintah. Namun, setelah dikalkulasi berdampak terhadap tiket LRT yang mencapai Rp 37.500 per orang.

 

"Ini mahal sekali," kata Hermanto. Tingginya harga tiket tersebut membuat pemerintah menanggung sekitar 70-80% dari biaya prasarana. Langkah ini diharapkan dapat memangakas tarif tiket menjadi Rp 15.000 per orang.

 

"Jadi kami tanggung biaya prasarananya sehingga mengurangi cost. Tarifnya menjadi Rp 15.000," kata Hermanto.

 

Diperkirakan sebelum Asian Games proyek LRT akan rampung. Rencananya akan ada 60 unit kereta di setiap rutenya. Setiap unitnya terdapat tiga rangkaian kereta dengan daya tampung 300 orang per unit. Selain itu, frekuensi keberangkatan kereta dijadwalkan setiap tiga menit sekali.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
08-09-2015 21:03