Main Menu

Gerindra: Pemerintah Belum Maksimal Atasi Bencana Kabut Asap di Riau

Wanto
16-09-2015 21:49

Kabut asap menyelimuti Pekanbaru, Riau (ANTARA/Rony Muharrman)

Jakarta, GATRAnews - Politikus Partai Gerindra Sjachrani Mataja menilai, pemerintah terkesan masih lamban dalam menyelesaikan masalah kabut asap yang melanda wilayah Riau dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Seperti diketahui, bencana kabut asap tersebut terjadi lantaran adanya pihak-pihak tertentu yang melakukan pembukaan lahan baru dengan cara yang tidak etis.

Akibatnya, banyak penduduk penduduk di Wilayah Riau yang mengalami ISPA. "Jangan hanya memikirkan, bagaimana meredam kegaduhan politik saja, pemerintah harus bisa memikirkan bagaimana meredam kabut di sana dengan cepat," ujar pria yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR-RI Komisi IV dari Fraksi Gerindra tersebut.

Bencana kabut asap akibat kebakaran lahan ini sudah menjadi bencana tahunan yang sangat memprihatinkan. Bukan hanya membahayakan hutan Indonesia, namun bencana kabut asap ini juga sudah membahayakan masyarakat disana.

"Pemerintah harus bisa bergerak cepat menyelesaikan bencana ini, semakin lama semakin habis hutan kita, dan bukan hanya itu, nyawa mereka yang ada di sana juga sudah menjadi taruhan," lanjut Sjachrani.

Menurut Sjachrani, apabila pemerintah tidak dapat menangani bencana ini dengan cepat, Indonesia akan dianggap tidak mampu mengatasi permasalahan di negaranya sendiri. Sjachrani menambahkan, bencana kabut asap ini sudah melebar ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, semakin larut Indonesia akan menjadi sorotan seluruh dunia jika tidak menyelesaikan bencana ini secepatnya.

"Ini juga merupakan harga diri bangsa, Indonesia akan dianggap tidak becus menyelesaikan masalah di dalam, bagaimana kita bisa maju di mata dunia? Apabila negara-negara lain sampai turun tangan untuk bencana yang sudah menjadi bencana tahunan ini, hancur sudah Indonesia di mata dunia!," katanya.


Reporter: Wanto

Editor: Nur Hidayat 

Wanto
16-09-2015 21:49